TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 765 kali.
BERITA UTAMA

Belasan Poktan di Kutai Kartanegara Terima Alsintan dari Budisatrio Djiwandono 

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono yang diwakili Guswantri (paling kiri) bersama perwakilan poktan saat penyerahan bantuan alsintan di UPTD Balai Pertanian di Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara Minggu (24/12/2023).

Tebarberita.id, Tenggarong – Belasan kelompok tani (poktan) di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kembali menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono. Penyerahan bantuan itu berlangsung di UPTD Balai Pertanian di Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Minggu (24/12/2023).

Sedikitnya 15 alsintan yang terdiri dari handtractor, traktor roda empat, perontok padi, pompa air, handsprayer dan kendaraan roda tiga tersbeut diterima langsung oleh perwakilan poktan. Bantuan-bantuan tersebut terwujud dari hasil kerja sama antara Budisatrio Djiwadono dengan Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Akhmed Reza Fachlevi.

“Bantuan alsintan ini merupakan bantuan kepada petani dari Pak Budisatrio yang memang peduli kepada pertanian di Kaltim. Nah karena para petani mengusulkan agar dibantu alsintan ini oleh Pak Budisatrio, maka direalisasikan,” ungkap Guswantri kepada pewarta yang mewakili Budisatrio dalam penyerahan bantuan tersebut.

Lebih lanjut, Guswantri yang juga tanaga ahli dari Akhmed Reza Fachlevi itu menyebutkan, sepanjang tahun 2023, Budisatrio telah menyalurkan bantuan alsintan kepada 26 poktan di Kutai Kartanegara. Bantuan-bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kutai Kartanegara.

“Pak Budi memang menginginkan agar Kutai Kartanegara menjadi lumbung pangan. Jadi beliau sangat berharap bantuan alsintan ini berguna dan meningkatkan hasil pertanian, dan tentunya bantuan seperti ini masih akan diberikan secara bertahap oleh Pak Budi,” kata Guswantri.

Guswantri menambahkan, pada pekan ini juga batuan alsintan akan diserahkan kembali kepada poktan di Kutai Kartanegara.

“Masih ada 6 combine lagi yang belum datang, infonya hari Rabu,” kata Guswantri menambahkan.

Dengan direalisasikannya bantuan-bantuan alsintan, poktan penerima bantuan mengaku sangat terbantu jika nantinya alsintan tersebut berfungsi seperti yang diharapkan. Dengan alsintan itu, para petani akan mampu menggarap lahannya secara lebih efisien dan otpimal.

“Sebelumnya saya mewakili kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada Pak Budisatrio atas bantuannya. Dengan alsintan ini tentunya harapan kami dapat membantu meningkatkan produksi sawah kami,” ungkap perwakilan kelompok tani Sepuhun Serumpun, Desa Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara. (*)

Related posts

Sindikasi Muda Indonesia Bahas Kebijakan Pemerintah Terkait Subsidi

admin

MotoGP Mandalika Putaran Ke-16 Siap Digeber

admin

Peternak Keluhkan Harga Daging Ayam di Samarinda

admin