TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 869 kali.
BERITA UTAMA KALTIM POLITIK

Sambut Pemilu Serentak 2024, DPW PAN Kaltim Latih Instruktur Saksi

Pelatihan instruktur saksi oleh Badan Saksi Wilayah (BSW) PAN Kaltim.

Tebarberita.id, Samarinda – Menyiapkan saksi yang mumpuni dalam mengawal perolehan suara pada Pilkada Serentak 2024 menjadi langkah DPW PAN Kaltim menjaga mesin politiknya tetap panas. Pelatihan instruktur saksi di bawah komando Badan Saksi Wilayah (BSW) PAN Kaltim pun dihelat di Hotel MJ, Jalan KH Khalid, Pasar Pagi, Samarinda Kota, Kamis (6/10/2022).

Sekretaris DPW PAN Kaltim Sofian Djafar menuturkan, lewat pelatihan instruktur atau Training of Trainers (ToT) itu partai matahari putih bisa mematangkan tata kelola dan kesiapan para saksi yang bakal diterjukan di hari pencoblosan nanti.

“Kerja awal jelang Pemilu Serentak 2024. Persiapkan instruktur saksi untuk mendistribusikan pola kerja saksi nantinya,” ungkapnya ke awak Tebarberita.id di sela-sela kegiatan.

Pematangan saksi ini ditarget rampung sebelum 2022 berakhir sehingga materi pelatihan saksi yang didapat para instruktur saksi yang ditetapkan bisa bekerja efektif jelang 2024. Partai besutan Zulkifli Hasan ini menarget minimal terdapat dua saksi di setiap TPS yang ada seluruh kabupaten/kota se-Kaltim.

“Ini juga jadi langkah preventif untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang bisa berdampak ke perolehan suara partai ketika perhitungan,” katanya.

ToT yang digelar DPW PAN Kaltim ini diikuti pengurus PAN se-Kaltimtara dengan masing-masing dua perwakilan.

“Sekitar 70 orang dari perwakilan DPW PAN Kaltim dan DPD PAN se-kabupaten/kota di Kaltim. Dari Kaltara ada 12 orang,” lanjutnya

Terpisah, Ketua BSW PAN Kaltim Zain Taufik Nurrohman menjelaskan para peserta ToT ini nantinya akan menjadi pelatih saksi-saksi yang siap diterjukan partai matahari putih ke setiap TPS. Digelarnya serentak pemilu mendatang, kata dia, perlu disertai dengan meningkatnya kapasitas para saksi.

Karena itu, dalam kegiatan tersebut, DPW PAN Kaltim menghadirkan pemateri yang bisa menjelaskan tata kelola saksi dan pola kepemiluan nanti seperti, Badan Saksi Nasional (BSN) DPP PAN, Bawaslu Kaltim, dan KPU Samarinda.

“Para saksi ini penting karena mereka yang mengawal dan mengamankan perolehan suara partai hingga perhitungan suara,” singkatnya. (NA)

Related posts

Dua BLK Sedang Dibangun di PPU, Irawan Harap Pemkab Beri Dukungan

admin

Tahun Ini Lowongan CPNS Hanya Dibuka untuk Pemerintah Pusat

admin

Diduga Ganti Anggota KPU Terpilih, DKPP Periksa Ketua KPU RI

admin