TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 649 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Pemilih Pemula Memerlukan Sosialisasi Pilkada

Iwan Wahyudi

Tebarberita.id, Balikpapan – Anggota Komisi I DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi menilai sosialisasi Pilkada 2024 perlu ditingkatkan. Sebab, hal ini akan menentukan partisipasi warga untuk menyalurkan hak pilihnya, terutama pada calon yang bersaing mendapatkan suara pemilih.

Oleh karenanya, Iwan Wahyudi meminta KPU Kota Balikpapan mensosialisasikan Pilkada Serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“Ini KPU sudah ada yang baru. Harus segera siapkan konsep sosialisasi pilkada ke para pemilih. Setahu saya Agustus mulai pendaftaran. Pengumuman peserta di September. Oktober itu kampanye dan Nopember itu pemilihan,” kata Iwan, Senin (24/6/2024).

Menurutnya, KPU harus memberikan perhatian kepada pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar. Bagaimana cara KPU menarik mereka untuk memberikan suaranya dalam Pilkada nanti.

“Perlu sekali edukasi, informasi dan promosi ke pemilih pemula. Jangan sampai mereka tidak peduli dengan pemilu. Itu juga bagian dari pentingnya sosialisasi kepada pemilih. Kan Pilkada itu menggunakan dana APBD yang besar,” jelas Iwan.

Iwan menambahkan, partisipasi pemilih sangat menentukan jalannya demokrasi di Balikpapan. Sehingga sosialisasi dari penyelenggara sangat menentukan partisipasi para pemilih pemula tersebut.

“Pemilih kan indikator utama suksesnya Pilkada. Tapi kita juga harus mendapatkan pemimpin yang berkualitas. Karena orang itu yang menjabat dan bertanggungjawab selama periode jabatannya nanti,” tandasnya. (Adv)

Related posts

Rusman Berharap Masalah Kemiskinan Prioritas Pemerintah

admin

HUT ke-18 PIKP, Bupati Ajak PAMA Investasi di Luar Pertambangan

admin

Tengkes di Samarinda Masih Tinggi, Sani Bin Husain: Pemerintah Harus Serius Menanggulanginya

admin