TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 799 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA KESEHATAN

Waspada Munculnya Cacar Monyet, Komisi IV DPRD Samarinda Sarankan Warga Terapkan PHBS

Sri Puji Astuti

Tebarberita.id, Samarinda – Penyebaran virus cacar monyet atau monkey pox memang belum menyebar hingga Kaltim. Kendati begitu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti mengingatkan masyarakat agar tetap waspada akan penyakit ditetapkan WHO masuk sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia tersebut.

Banyak ragam pencegahan penjangkitan yang bisa dilakukan masyarakat, dari vaksin atau obat-obatan khusus penanganan cacar hingga protokol kesehatan dalam penularan Covid-19. “Yang penting masyarakat bisa menjalankan PHBS (perilaku hidup sehat dan bersih),” ucapnya diwawancara di ruang kerjanya, kemarin (12/9/2022).

Sejauh ini, dampak dari monkey pox belum semengerikan Covid-19 yang menjadi pandemi. Namun, masyarakat tetap harus berhati-hati dengan potensi bermutasinya virus cacar ini.

Memang, lanjut Politikus Demokrat Samarinda itu, penyakit ini punya peluang dapat sembuh dengan sendirinya selama imun tubuh terjaga. “Penyebaran dan perawatannya seperti covid 19 kalau daya tahan tubuhnya rendah otomatis dapat tertular,”tuturnya.

Ketersediaan vaksin untuk menangani terpaparnya cacar monyet ini belum tersedia di Indonesia hingga saat ini.

Karena itu, dia berharap pemerintah pusat bisa menyiapkan langkah antisipasi sedini mungkin terkait penanggulangan penyebarannya virus yang berasal dari hewan tersebut. (ADV/Na)

Related posts

Anggota DPRD Tinjau Kondisi Pasar Pandansari

admin

DPRD Balikpapan Gelar RDP Bersama Inspektorat

admin

Ketua DPRD Kukar Sebut Santri Pribadi Religius dan Intelektual

admin