TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 728 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Joko Wiratno Sarankan Program 10 Ribu Wirausaha Tak Hanya Sekadar Pembekalan

Joko Wiratno

Tebarberita.id, Samarinda – Program 10 ribu wirausaha baru yang dicanangkan Wali Kota Samarinda Andi Harun disambut hangat Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Joko Wiratno. Menurutnya, program tersebut bisa menjadi upaya pemerintah menekan angka penggangguran di Kota Tepian.

Mengingat, ketika pandemi melanda, banyak masyarakat yang harus kehilangan mata pencariannya lantaran banyaknya perusahaan yang memutuskan hubungan kerja. “Program ini bagus, semoga berjalan baik pula,” katanya beberapa waktu lalu.

Dalam penerapannya, dia meminta pemkot tidak sekadar memberi pembekalan untuk masyarakat yang mendapat program tersebut untuk bisa berwirausaha. Namun juga turut mendampingi wirausaha baru itu untuk bisa eksis menghadapi pasang-surut dunia usaha. “Kalau bisa jangan hanya dibekali. Tapi juga diberi dukungan dari berbagai sisi biar tetap eksis,” lanjut Politikus PAN tersebut.

Program ini juga bisa bersinergi dengan program lain, seperti program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat (probebaya) yang sudah berjalan sejak 2022 lalu. DPRD pun bakal mendukung penuh upaya pemkot tersebut. salah satunya dengan dukungan legislasi berupa peraturan daerah (perda) yang bisa menjadi dasar hukum untuk pemkot bisa lebih aktif mendampingi dan merawat wirausaha tersebut.

“Saat ini kan ada perda soal UMKM yang tengah disusun Bapemperda (Badan Pembentukan Perda) DPRD Samarinda. Jika sudah disahkan (perda) itu bisa jadi jalan untuk terus merawat para pelaku usaha lokal sehingga tak kalah bersaing,” singkatnya. (ADV/LL)

Related posts

BPKAD Kaltim Diminta Lunasi Penagihan Kontraktor untuk Tingkatkan Serapan Anggaran

admin

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan

admin

Kecamatan Tenggarong Seberang Akan Bangun UMKM Center

admin