TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 704 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Ardiansyah Sebut Melalui Sempekat Keroan Kutai Pererat Sub-sub Kutai di Kutim

Ardiansyah Sulaiman

Tebarberita.id, Sangatta – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengatakan, bukan suatu keniscayaan untuk senantiasa melestarikan, mengukuhkan, menguatkan, mengeratkan, simbol-simbol seni dan budaya yang merupakan bagian dari kekayaan Bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Pemkab Kutim ini, pada acara Pengukuhan Pengurus Kerapatan Daerah Sempekat Keroan Kutai Kabupaten Kutai Timur periode 2022 – 2027, oleh Petinggi Pore Kerapatan Wilayah Sempekat Keroan  Provinsi Kalimantan Timur (kaltim) Aji Mirza WardaNA, di Ruang Meranti, Kantor Sekretariat Pemkab Kutim, Kamis (8/6/2023).

Oleh karena itu, atas nama Pemkab Kutim, ia memberikan apreasiasi yang begitu besar atas terselenggaranya Pengukuhan Pengurus Kerapatan Daerah Sempekat Keroan Kutai Kabupaten Kutai Timur tersebut.

“Sempekat keroan Kutai yang hari ini alhamdulilah, setelah satu tahun dituggu pelantikannya bisa berjalan pada hari ini,” imbuhnya.

Seperti yang disampaikan oleh Petinggi Pore Sempekat Keroan Kutai, sambung Ardiansyah, bahwa sejarah kerajaan tertua di Indonesia ada di wilayah Kalimantan Timur yakni Kerajaan Kutai. Dan terus berkembang, hingga sekarang ini dari awal terjadi kerajaan Hindu kemudian berubah menjadi kesultanan.

“Dan ini tidak bisa kita hilangkan, dan tidak bisa hanya melihat. Tetapi ini merupakan bagian yang terpenting bagi kita, untuk terus memberikan makna didalam rangka kita membangun Kutim ini pada khususnya dan Kaltim pada umumnya,” tutur Ardiansyah.

Lebih lanjut ia menuturkan Pemerintah RI memberikan kehormatan bagi Kaltim untuk memindahkan ibu kota negara, yang sekarang disebut Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Oleh karenannya, Sempekat Keroan Kutai yang ada dimana-mana, baik di Samarinda, Kutai Timur, Kota Bontang, Kutai Barat dan lainnya, menjadi keniscayaan adanya. Dan kita harus memperkuat, mempererat dan merekatkan apa yang ada didalamnya. Kita sangat paham Kutai memiliki sub-sub suku yang banyak,” ucapnya.

Oleh karenanya, Sempekat Keroan Kutai merupakan perekat yang utama, dari sub-sub yang ada. Intinya harus mempererat,  merekatkan semuanya ini dalam bentuk wadah yaitu Sempekat Keroan Kutai.

“Sekali lagi atas nama Pemkab Kutim, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta selamat kepada Sempekat Keroan Kutai Timur yang hari ini telah pengukuhannya telah kita saksikan bersama,” ucapnya. (ADV/DISKOMINFO KUTIM)

Related posts

DPRD Balikpapan Bentuk Pansus LHP BPK

admin

DPRD Dukung Relokasi Pemukiman Bantaran Sungai, Angkasa Jaya: Tapi Harus Humanis

admin

Sani Bin Husain Minta Pemkot Cari Solusi dari Kebijakan Penghapusan Honorer

admin