TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 943 kali.
BERITA UTAMA NASIONAL POLITIK

Survei PWS: Pilpres 2024 Berlangsung Satu Putaran

Hasil survei Voxpol Center menyatakan Prabowo Subianto unggul atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam semua simulasi capres. Foto: Dok Voxpol Center

Tebarberita.id, Jakarta – Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menembus angka 52,3 persen dari hasil survei Political Weather Station (PWS). Maka, Pilpres 2024 bisa berlangsung satu putaran.

Survei ini dilakukan pada periode 21 Januari hingga 25 Januari 2024 di 34 provinsi dengan jumlah sampel 1.200 responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner. Metode survei menggunakan teknik pencuplikan acak atau multistage random sampling dengan margin of error (MoE) +- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini juga dilengkapi dengan penelusuran data percakapan warganet (netizen) melalui media monitoring dari berbagai platform media sosial. Terkait hasil elektabilitas paslon pilpres, responden diberi pertanyaan ‘seandainya pilpres dilaksanakan saat ini pasangan manakah yang Anda pilih?’. Hasilnya, Prabowo-Gibran memperoleh 52,3 persen.

Berikut elektabilitas paslon:

– Prabowo-Gibran: 52,3 persen
– Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 21,3 persen
– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,7 persen
– undecided voters: 6,7 persen.

“Hasil survei PWS menunjukkan bahwa seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini, pasangan Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 52,3 persen,” ujar Direktur Riset PWS, Sharazani MA dalam jumpa pers, Jumat (26/1/2024) dikutip dari detikNews.

“Dengan demikian, jika tren elektabilitas ini bertahan terus hingga 14 Februari 2024 nanti maka Pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran,” tandas Sharazani.

Sumber: detik.com

Related posts

Musda I, DPD PAPDESI Dukung Pembangunan IKN

admin

Rakerwil PAN Kalimantan Timur Dirangkai dengan Pasar Murah

admin

Alasan Diabetes Melitus, Pemerintah Akan Pungut Cukai Minuman Berpemanis

admin