TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 715 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Sekda Kukar Imbau Masyarakat Tetap Waspada Karhutla

Sunggono

Tebarberita.id, Tenggarong – Sekertaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Imbauan tersebut terkait dengan musim kemarau yang masih berlangsung di Kaltim termasuk Kukar.

Selain itu , saat ini data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan terdapat 127 titik panas di Kukar.

“Kita terus memantau bersama BMKG titik-titik panas hotspot yang ada di Kukar bisa kita antisipasi, bisa kita prediksi kemungkinan penanganannya, bersama semua komponen yang ada di lapangan,” ucap Sunggono, Jumat (6/10/2023).

Kendati sampai saat ini menurut Sunggono titik-titik panas dapat ditanggulangi dengan baik. Sehingga ia mengimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan. Selain membahayakan lingkungan, pelaku dapat dipidana.

“Membakar hutan dan lahan lagi karena itu akan menjadi sebab buruk termasuk juga akan bisa terancam pidana kalau sampai meluas dan tidak bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Juga untuk masyarakat yang bermukim di daerah yang berdekatan dengan lahan gambut Kata dia,  masyarakat Muara Kaman dan Sebulu untuk selalu bersiaga terutama menghindari aktivitas yang memicu kebakaran lahan.

“Kita pantau melalui Pak Camat, Pak Kades dan masyarakat yang ada di lapangan termasuk masyarakat peduli api,” ujarnya memungkasi. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Pansus SPAB Dibentuk, Sani Bin Husain: Fokus Kumpulkan Masukan Pihak Terkait Dulu

admin

Perda Usaha Kepariwisataan di Samarinda Perlu Direvisi

admin

Kelurahan Maluhu Edukasi Warga Melalui Bank Sampah

admin