TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 727 kali.
ADVERTORIAL DPRD KUTAI KARTANEGARA

Masyarakat UMKM Kutai Kartanegara Diharap Gunakan Program KKI

Sopan Sopian

Tebarberita.id, Tenggarong – Masyarakat Kutai Kartanegara diharapkan dapat menggunakan program Kredit Kukar Idaman (KKI). Program ini ditujukan untuk membantu UMKM memperoleh bantuan modal usaha yang sangat meringankan, karena tanpa bunga. Program Pemkab Kutai Kartanegara bekerja sama dengan Bankaltimtara tersebut berjalan sejak tahun ini.

Ketua Komisi II DPRD Kutai Kartanegara Sopan Sopian menilai sosialisasi program tersebut ke masyarakat perlu ditingkatkan. Sebab, diyakininya banyak masyarakat yang membutuhkan modal usaha yang selama ini masih sulit untuk diperoleh dari industri perbankan.

“Banyak masih yang kurang tau, daerah pelosok sana saja masih belum tahu apa itu kredit Kukar Idaman, kedepannya bakal dilakukan sosialisasi ke daerah pedalaman sana,” kata Sopan Sopian saat ditemui wartawan di ruang Komisi II, Rabu (20/9/2023).

Sopan berharap  masyarakat khususnya warga Tenggarong dapat menggunakan program ini sebaik mungkin untuk mengembangkan usaha mereka.

“Harapan saya, seluruh UMKM ini bisa memanfaatkan Kredit Kukar Idaman untuk bisa memberikan kemudahan usaha sebagai modal” harapnya.

Sopan menyebutkan, terdapat sejumlah persyaratan dan kategori untuk mendapatkan KKI. Di antaranya masyarakat Kutai Kartanegara terutama yang tidak memiliki pinjaman dengan leasing dan kredit macet.

“Memang ada beberapa kategori untuk bisa dapat kredit kukar idaman ini. Seperti UMKM ini tidak bermasalah dengan perhutangan yang macet, atau berhubungan dengan rentenir. Nah ini yang mau kita bantu, bagaimana ini bisa diringakankan. Intinya, bagaimana caranya supaya UMKM kita ini jangan sampai lah minjam ke rentenir karena itu sangat memberatkan,” ungkapnya menambahkan.  (Adv/Rob)

Berikut cara mendaftar program KKI:

  1. Potocopy KTP Kutai Kartanegara (Suami-Istri)*
  2. Potocopy KK, Potocopy buku nikah atau surat keterangan suami istriyang dikeluarkan oleh Ketua RT Setempat*
  3. Pas Foto berwarna suami/istri sebanyak 2 Lembar*
  4. Memilikiizin usaha SKU atau NIB*
  5. Memiliki Pengalaman Usaha Berdasarkan Kriteria Jenis Pinjaman / Penyaluran

(Verifikasi Bank Kaltimtara)*

  1. Dapat Dimintakan Potocopy Bukti Aguman/Jaminan Apabila Diminta (Asli Diserahkan Pada Saat Pengikatan Kredit Dan Jaminan) (Verifikasi Bank Kaltimtara)*

Related posts

Dewan Berharap Proyek Terowongan Selesai Tepat Waktu

admin

DPRD Samarinda Tukar Gagasan dengan DPRD Batu

admin

Jasno Ingatkan Agar Perhatikan Dampak Sosial di Proyek Terowongan Otista

admin