TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 620 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Mahasiswa Universitas Tadulako Kunjungi DPRD Balikpapan

Kunjungan mahasiswa Universitas Tadulako ke DPRD Kota Balikpapan.

Tebarberita.id, Balikpapan – 30 mahasiswa Universitas Tadulako Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berkunjung ke DPRD Kota Balikpapan. Kunjungan itu merupakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Selasa (21/5/2024).

Koordinator Tim PPL Universitas Tadulako Palu, Imam Sofyan mengatakan tujuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) program studi S1 Administrasi Publik ini untuk mendalami ilmu manajemen pelayanan publik.

“Kenapa kami memilih Kota Balikpapan? Ini karena Kota Balikpapan sebagai kota transit menuju Ibu Kota Nusantara (IKN),” ucap dr Imam.

Saat kunjungan ke DPRD Balikpapan, ingin melihat proses legislasi, kontrol dan anggaran. Tapi karena Anggota DPRD Balikpapan sedang perjalanan dinas, sehingga merubah skema menjadi bidang kehumasan.

“Kita rubah strategi semalam, tentang rahasia kesuksesan kehumasan dalam membantu pelayanan anggota dewan, termasuk protokoler dan teman-teman media dalam menjalani peran dan fungsinya,” ucapnya.

Ketua Tim Risalah dan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Balikpapan, I Gusti Ayu Julia Tungga Dewi menjelaskan sejumlah pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa.

“Sebenarnya sifat kami ini hanya sebagai fasilitator, jadi ketika ada aduan, itu kami lebih kepada meminta amanah dari Ketua DPRD. Misalnya, ada surat dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk audensi. Nah itu biasanya kami arahkan untuk masukan dulu suratnya, ketika surat itu sudah disposisi oleh Ketua DPRD baru kami bisa tindak lanjut mulai dari segi undangannya, fasilitasi ruangannya dan makan hingga minumnya,” paparnya.

Namun di sisi pelayanan itu, sekretariat mengalami kendala. Salah satu kendalanya adalah soal waktu yang kadang-kadang kerap berubah seketika.

“Ketika sudah ada waktu yang terjadwal, tiba-tiba dalam waktu sepersekian detik ada undangan anggota dewannya, ada yang mau ikut perjalanan dinas, jadi akhirnya kami mengulang lagi, kami koordinasikan lagi ke masyarakat yang mau ke DPRD. Jadi kendalanya, sebenarnya di waktu,” tambah Staf Humpro DPRD Balikpapan, Leni.

Rombongan mahasiswa ini sudah tiba di Kota Beriman sejak pekan kemarin, kemudian berkunjung ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. Selanjutnya mereka akan berkunjung ke Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan ke IKN.

“Aktifitas kami di sini mulai kemarin, kami sudah bertemu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan pelayanan publik,” ujarnya.

Ia mengaku mahasiswa mendapatkan ilmu baru saat berkunjung ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPTSP) Balikapapan terutama tentang Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Jadi secara teoritis kami belajar di kampus, tapi mereka melihat aplikasi yang luar biasa berdampak pada perubahan Kota Balikpapan. Apalagi dalam rangka mendukung IKN,” tuturnya. (Adv)

Related posts

Ayo Sehat Fest 2023, Event Kesehatan Spektakuler

admin

Bupati Kukar Imbau Masyarakat Tidak Pinjam ke Rentenir Lagi

admin

Komisi II Dorong Pelaku Usaha Maksimalkan Platform Digital

admin