TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 625 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Komisi-Komisi Bahas RKPD bersama OPD Selama 2 Hari

Budiono

Tebarberita.id, Balikpapan – Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono mengatakan, saat ini komisi-komisi di DPRD Balikpapan menggelar rapat dengan mitra organisasi perangkat daerah (OPD). Pembahasan mulai dari rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2025 dan monitoring serapan anggaran 2024.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama 6-7 Mei, guna membahas penajaman usulan program kegiatan prioritas sekaligus mendengar aspirasi dalam penyusunan RKPD 2025. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. Kemudian upaya mendukung fungsi pengawasan DPRD terhadap penyelenggaran program kerja pemerintah.

Seperti diketahui, sebelumnya sudah ada pembahasan KUA prioritas serta plafon anggaran sementara (PPAS), kemudian menyusun rencana kerja anggarannya (RKA) berbasis aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang terhubung ke Kemendagri.

“Nantinya saat pembahasan KUA PPAS tidak ada lagi usulan dan pembahasan program baru. Tidak ada lagi pembahasan usulan baru, hanya usulan menambah atau mengurangi anggaran,” ungkap Budiono.

Dalam pembahasan ini, setiap komisi diberikan waktu selama dua hari bersama dengan OPD. Misalnya Komisi I menggelar rapat bersama kecamatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Sekretariat DPRD, Satpol PP, Inspektorat Balikpapan, Badan Kesbangpol, DPMPTSP, dan DPPR.

Sedangkan Komisi II bertemu Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian, Bagian Keuangan Setdakot Balikpapan, Dinas Perdagangan. Selanjutnya Badan Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, serta Bagian Perekonomian dan Keuangan Setdakot Balikpapan.

Lalu Komisi III menggelar pertemuan dengan Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakot Balikpapan, Bagian Administrasi Pembangunan Setkot Balikpapan. Tak hanya itu, ada pula rapat dengan Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda Litbang, dan DPPR. Terakhir Komisi IV bertemu RSUD Beriman Balikpapan, RSIA Sayang Ibu, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dan Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan. Kemudian Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Disporapar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, DP3AKB, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip. (Adv)

Related posts

Perda Sapras dan Utilitas Perumahan Disahkan

admin

Warga Sukarame Keluhkan Drainase dan Jalan Lingkungan

admin

Ketua DPRD Kukar Hadiri Penutupan Karya Bakti dan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023

admin