TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 796 kali.
BERITA UTAMA KEAGAMAAN

Dihadiri Presiden dan Menteri, PBNU Lantik Pengurus GP Ansor 2024-2029

Pelantikan Pengurus Pusat GP Ansor Masa Khidmah 2024-2029.

Tebarberita.id, Jakarta – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor masa khidmah 2024-2029 resmi dilantik. Kepengurusan yang dipimpin Addin Jauharudin menerima SK PBNU Nomor: 317/PB.01/A.11.01.29/99/04/2024 yang dibacakan langsung oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Saifullah Yusuf di Istora Mandiri, Jakarta, Senin (27/5/2024) Sore.

Saat melantik, Ketua Umum PBNU Gus Yahya mengatakan, bahwa bahwa baiat merupakan prosesi yang diwajibkan dalam setiap pelantikan pengurus di lingkungan NU demi menegaskan tanggung jawab kepengurusan dan kepemimpinan di dunia dan akhirat.

“Baiat ini bukan hanya dipertanggungjawabkan pada lingkungan NU, tetapi dipertanggungjawabkan di hadapan Allah swt,” ujarnya.

“Sebelumnya terlebih dahulu menegaskan, siap bertanggung jawab dunia akhirat?” tanya Gus Yahya. “Siap,” dijawab tegas oleh Pengurus PP GP Ansor.

“Apakah sahabat siap untuk berbaiat?” “Siap”

Sementara itu pembacaan surat pengesahan Kepengurusan PP GP Ansor dibacakan oleh Sekjen PBNU H Saifullah Yusuf.

“PBNU menimbang dan seterusnya dengan senantiasa bertawakal kepada Allah memutuskan menetapkan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor masa khidmat sebagaimana terlampir,” ujar Sekjen PBNU H Saifullah Yusuf.

Usai membimbing pembacaan Baiat, sebelum meninggalkan panggung Gus Yahya mengucapkan selamat kepada kepengurusan GP Ansor masa khidmat 2024-2029, “Selamat bertugas dan menghadapi hisab Allah SWT,” jelasnya.

Saat berpidato usai dilantik, Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharuddin menegaskan, bahwa siapa yang menyakiti Presiden Joko Widodo (Jokowi) berarti menyakiti keluarga besar Banser di seluruh dunia. Mantan pegiat PMII Cirebon itu beralasan, Jokowi merupakan bagian dari keluarga besar GP Ansor.

Dalam menjalankan tugasnya Adidin dibantu Wakil Ketua Mabrur L. Banuna, Fajri Al Farobi, dan Ach. Ghufron Sirodj. Posisi Sekretaris Jenderal diisi Rifqi Al Mubarok, sedangkan Bendahara Umum oleh Noer Fajrieansyah.

Addin Jauharuddin terpilih secara aklamasi pada Kongres XVI GP Ansor yang berlangsung di KM Kelud saat pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Jumat 2 Februari 2024 lalu.

Hadir dalam pelantikan ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, para pimpinan partai politik, Pengurus Tandfidziyah dan Syuriyah PBNU, dan ribuan anggota Banser mengenakan seragam serba loreng.

Dalam kesempatan itu, GP Ansor juga meluncurkan aplikasi Siapp dan peresmian dimulainya pembangunan gedung GP Ansor. (*)

Sumber: berbagai sumber

Related posts

Beasiswa SDM Sawit 2022 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

admin

Mahasiswa Pasca UINSI Samarinda Paparkan Paper di Seminar Internasional

admin

Kemenag-LPDP Siapkan Beasiswa untuk 10.000 Guru

admin