TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 679 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Bupati Kukar Bakal Optimalisasikan Produktivitas Pertanian


Tebarberita.id, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengoptimalkan peningkatan produktifitas dengan melengkapi infrastruktur tani. Hal itu, disampaikannya saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Pertanian, bersama Pj Gubernur Kalimantan Timur, Senin (23/10/2023) malam.

Turut hadir pada Rakor Pembangunan Pertanian yang diselenggarakan di Hotel Platinum Balikpapan, Sekertaris Daerah (Sekda) Sunggono, dan beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Akademisi Universitas Gajah Mada (UGM), Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur (Kaltim) Yusniar Juliana, dan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim Wisdianto.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan bahwa pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan di Kukar, menjadi salah satu fokus utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026.

Bupati Kukar menjelaskan, mengapa pendekatan berbasis kawasan dipilih sebagai strategi unggulan karena lima kawasan yang telah ditetapkan memiliki keunggulan tersendiri dalam sektor pertanian.

Setiap kawasan telah mengembangkan pertanian padi sawah, hortikultura, peternakan, dan perikanan secara terintegrasi, dengan sumber daya petani yang sudah tersedia. Hal ini menciptakan sinergi yang kuat dalam upaya meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan sektor pertanian.

“Jadi fokusnya memang, cita-citanya nanti ingin mendorong bagaimana optimalisasi peningkatan produktivitas, dengan melengkapi infrastruktur tani seperti jalan usaha tani, irigasi embung, alsintan dan pengembangan sumber daya manusianya,” ungkap Edi Damansyah.

Edi Damansyah berharap bahwa upaya ini akan membawa perubahan signifikan dalam produktivitas petani di wilayah Kukar.

Dalam hal ini, kawasan yang sebelumnya hanya mampu panen dua kali dalam setahun diharapkan dapat mencapai tiga kali panen setiap tahunnya. Ini adalah langkah krusial menuju ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu, Bupati Edi juga mengharapkan bahwa melalui pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan ini, Kukar dapat bekerja sama lebih erat dengan pemerintah provinsi.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk mempercepat pembangunan pertanian di wilayah ini.

“Misalnya support kebutuhan alsintan sekian, kami sudah menyediakan sekian kekurangan disuport pemerintah provinsi, seperti itulah kurang lebih gambarannya,” jelasnya lebih lanjut.

Dengan komitmen dan langkah strategis ini, Bupati Edi Damansyah dan Pemerintah Kabupaten Kukar berharap, dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi sektor pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kukar. Langkah ini, juga akan membantu mencapai visi dan misi dalam RPJMD 2021-2026 yang telah ditetapkan. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Pansus RTRW Kaltim Ingin Satukan Persepsi

admin

Ketua DPRD Kukar Ajak Pemuda Persiapkan Diri

admin

Wakil Ketua DPRD Kaltim Bahas Tuntutan Warga Eks Transmigran

admin