TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 645 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Bapemperda Kaji Ulang Kualitas Perda yang Ada

Samri Shaputra

Tebarberita.id, Samarinda – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampemperda) DPRD Samarinda mengevaluasi perda-perda yang ada atau sedang disusun para wakil rakyat pada 2024. Ketua Bapemperda DPRD Samarinda Samri Shaputra mengatakan legislator perlu memastikan kehadiran regulasi daerah memiliki kualitas dan memang dibutuhkan daerah.

“Kalau banyak buat apa, kalau tidak efektif implementasi dan tak berkualitas,” ungkapnya. Wacana ini terlintas selepas Bapemperda berdiskusi dalam sebuah forum bersama Inspektorat Kota Samarinda beberapa waktu lalu.

Menurut Politikus PKS ini, jumlah perda yang sudah disahkan dan sedang berlaku atau perda yang disusun justru tak memiliki dampak berarti untuk pembangunan daerah. Padahal proses penyusunannya memakan waktu yang tak sebentar. Karena itu, sambung Samri, DPRD sudah harus merekonstruksi pola pikir terkait program pembentukan perda (Propemperda) yang mengedepankan kualitas. “Banyak tapi kualitasnya rendah. mending sedikit tapi bagus dan efektif untuk daerah,” jelasnya.

Perda yang mengakomodasi perlindungan untuk perempuan jadi salah satu aturan yang menurutnya terbilang jauh dari kata efektif. “Melindungi perempuan itu enggak perlu aturan. Tanpa perda pun itu kewajiban,” tegasnya. Dengan demikian, Bapemperda mulai menyusun resolusi dan mengevaluasi rancangan perda yang ada dalam agar propemperda di DPRD Samarinda bisa mengadirkan regulasi yang berkualitas dan ampuh dalam implementasinya. (ADV/LL)

Related posts

Bunda PAUD Gelar Seminar dan Sosialisasi Parenting di Loa Janan Ulu

admin

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan

admin

Tampung Keluhan Warga Soal Air Bersih, Joko Wiratno Bakal Komunikasikan ke PDAM

admin