TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 640 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Waspada DBD di Musim Hujan, Jaga Lingkungan Tetap Bersih

Rahmatia

Tebarberita.id, Balikpapan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Balikpapan mencatat terdapat 20 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di enam kecamatan di Kota Balikpapan. Rinciannya di Balikapapan Barat tujuh, Balikpapan Tengah enam, Balikpapan Kota empat, Balikpapan Utara dua, Balikapapan Selatan satu dan hanya Balikpapan Timur yang tidak ada kasus.

Terkait hal itu, anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Rahmatia mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap penyebaran nyamuk Aedes Aegypti pembawa DBD. Apalagi Kota Balikpapan beberapa pekan terakhir dilanda hujan, dan perubahan cuaca yang tidak menentu. Sehingga berpotensi menyebabkan populasi nyamuk DBD akan meningkat karena banyaknya genangan air.

“Di musim penghujan saat ini, kami imbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Ini bertujuan agar mengurangi populasi nyamuk dari ancaman DBD,” ucap Politikus Dapil Balikpapan Barat ini, Kamis (6/6/2024).

Ia melanjutkan, dengan menjaga kebersihan bisa mengurangi populasi nyamuk, termasuk membersihkan genangan air di tempat barang bekas. Selain itu, Rahamtia juga meminta agar Ketua RT menggerakkan warganya untuk giat bergotong royong membersihkan lingkungan masing-masing. Begitu juga Dinas Kesehatan (Dinkes) Balikpapan agar selalu menggencarkan penyuluhan pencegahan DBD. Seperti memberikan obat pembunuh jentik nyamuk atau abate dan lain sebagainya.

“Saya pikir dari Dinkes juga sudah memiliki langkah-langkah dalam pencegahan DBD di Balikpapan,” tandasnya. (Adv)

Related posts

Bupati Kukar Luncurkan Gerakan Pangan Murah 

admin

Sarkowi Ingatkan Pemprov Soal Serapan Anggaran

admin

DPRD Minta Perusahaan Aktif Tangani Bencana

admin