TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 678 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Tingkatkan Minat Baca, Dispusip Kutim Gelar Lomba Bercerita

Tebarberita.id, Sangatta – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutai Timur (Dispusip Kutim) menggelar perlombaan bertutur cerita rakyat nusantara tingkat SD/MI se-Kutim. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Meranti Kantor Sekretariat Kabupaten, Kamis (15/6/2023) dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang.

Pada kesempatan itu, Wabup Kasmidi Bulang mengapresiasi Dispusip Kutim yang telah mengajak dan melombakan anak-anak Kutim untuk bertutur atau bercerita.

“Ini hobi yang langka. Hobi yang harus dikembangkan terus menerus. Juga investasi bagi anak itu untuk lebih banyak mengenal cerita-cerita rakyat di Nusantara,” ucap Kasmidi.

Maka dari itu, ia memberikan hadiah tambahan berupa voucher menginap di hotel dan uang pembinaan sebagai bentuk motivasi anak.

“Dari 21 peserta yang berasal dari 5 lima kecamatan, terpilih 6 besar. Itulah peserta yang bakal diberikan hadiah. Menginap di Hotel Royal Victoria pada hari Minggu nantinya. Sedangkan yang masuk tiga besar ditambahkan uang pembinaan berupa tabungan sebesar Rp 1 juta per anak,” urainya.

Tujuannya agar semua potensi yang dimiliki anak-anak itu memiliki manfaat yang positif. Mau bakat apapun harus dikembangkan dan didukung. Supaya lebih bergairah untuk maju.

“Semoga menjadi inspirasi bagi sekolah di kecamatan yang belum bisa mengikuti perlombaan bertutur ini,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dispusip Kutim Rakhmat Rosadi mengatakan kegiatan ini selalu digelar setiap tahunnya, bahkan selalu mengundang sekolah di 18 kecamatan. Namun sebelum hanya dua kecamatan, baru kali ini di ikuti sampai 5 kecamatan. Mungkin alasan keterbatasan atau tak ada faktor pendukung yang membuat tak bisa mengikuti perlombaan ini.

“Lomba kali ini memiliki peningkatan, peserta sebanyak 21 anak dari Kecamatan Sangkulirang, Bengalon, Teluk Pandan, Sangatta Utara dan Sangatta Selatan,” kata Rakhmat.

Ia menambahkan tujuannya menyukseskan secara nasional permasyarakatan minat baca. Mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) Kaltim yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa (baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda).

“Menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa secara khusus Kaltim dan mencari bibit-bibit generasi muda Kutim yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca,” terangnya. (ADV/DISKOMINFO KUTIM)

Related posts

RTRW Kaltim Bahas Adanya Pergeseran Garis Pantai Balikpapan

admin

Tim Pengembangan SP4N LAPOR Kutim Gelar FGD Bersama Mitra USAID

admin

Ketimbang Bikin Perda Baru, Laila Sarankan Revisi Perda Satpol PP

admin