TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 669 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

RS Tipe D Akan Dibangun di Balikpapan Timur

Nurhadi Saputra

Tebarberita.id, Balikpapan – Pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) tipe D direncanakan dibangun di daerah RT 10 Lamaru, Balikpapan Timur. Pembangunan dijadwalkan terealisasi di 2024 mendatang. Lokasi pembangunan RSU tipe D itu merupakan aset milik Pemkot Balikpapan. Hal ini diungkapkan anggota Komisi III DPRD Balikpapan Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Timur Nurhadi Saputra.

“Pastinya, lokasi pembangunan RSU tipe D, sudah dipertanyakan ke Pak Wali kota Balikpapan Rahmad Masud dan Sekda Kota Balikpapan Muhaimin. Untuk lokasinya berada di RT 10 Lamaru,” ungkap Nurhadi baru baru ini.

Awalnya pembangunan rumah sakit Balikpapan Timur rencananya menggunakan lahan atau Puskesmas Lamaru. Namun, berubah karena ada aset Pemkot Balikpapan yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi pembangunan rumah sakit.

“Pertimbangan pemilihan lokasi pembangunan rumah sakit ini memang menjadi alasan tepat. Karena jika membangun di Puskemas Lamaru, harus menghancurkan rumah dinas, sayang jika dihancurkan, ” ucap Politisi Partai Persatuan Pembangunan.

“Alasan kedua, lokasi Puskesmas Lamaru ramping memanjang ke belakang. Jadi secara berkepanjangan pembangunan kedepannya akan sangat terbatas, ” urainya.

Menurut Nurhadi, lokasinya ini memang terjangkau untuk warga Baltim. Karena posisinya startegis berada ditengah-tengah. Dengan tujuan awal memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan.

“Yang penting terbangun di Balikpapan Timur, saya mintanya bukan daerah Manggar, karena jika dari Gunung Tembak ke Manggar masih terasa jauh. Itu pertimbangan saya,” urainya.

Meski lokasi pembangunan RSU Baltim berpindah, untuk RSU Baltim tetap dianggarkan sebesar Rp35 miliar di tahun 2024. Terkait dengan DED (Detail Engineering Design), pihaknya menyebut jika itu sudah dibuat antara APBD Murni 2023 atau APBD Perubahan 2023.

“Ini sesuai rapat banggar, karena di nomenklatur telah tertulis anggaran pembangunan rumah sakit sebesar Rp70 Miliar untuk Balikpapan timur dan Balikpapan Barat, ” jelasnya.

Nurhadi juga sempat mempertanyakan kepada Kadis Kesehatan Kota Balikpapan, untuk total keseluruhan anggaran pembangunan RSU Baltim dibutuhkan sebesar Rp160 Miliar belum termasuk alat kesehatan RSU Baltim.

”Intinya pembangunan RSU Tipe D Baltim harus dibangun, sebelum masa jabatan paka Wali kota Balikpapan habis,” tutupnya. (Adv/DPRD Balikpapan)

Related posts

Samarinda Kekurangan Guru, Sri Puji Minta Pemkot Lebih Perhatikan Sektor Pendidikan

admin

DPRD Serahkan 2 Nama Bakal Calon Wakil Wali Kota Balikpapan

admin

Warga Handil Terusan Mengadu Soal PT PHM

admin