TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 795 kali.
DAERAH

Reza Fachlevi Serahkan Bantuan untuk Puluhan Kelompok Relawan Penanggulangan Bencana di Kutai Kartanegara

Guswantri mewakili Akmed Reza Fachlevi saat menyerahkan bantuan kepada kelompok relawan penanggulangan bencana di kantor BPBD Kutai Kartanegara, Senin (8/1/2024).

Tebarberita.id, Tenggarong – Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) No 17 Tahun 2011, menyebutkan relawan penanggulangan bencana merupakan seorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara sukarela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana. Dalam menjalankan tugasnya, saat terjadi bencana atau fase emergency, para relawan dituntut untuk langsung merespons kejadian bencana secara cepat dan tanggap. Bahkan, pada situasi tanggap darurat, relawan dituntut untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan, meringankan penderitaan sementara, terutama berupa pencarian dan penyelamatan korban, harta benda, evakuasi, medis, dan pengungsian korban bencana.

Sehingga tugas para relawan tidak dapat dipandang sebelah mata, tugas berat dari memberikan bantuan darurat hingga pasca bencana yang merupakan tahap pemulihan para korban.

Menyadari tugas berat para relawan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Akhmed Reza Fachlevi akhirnya merealisasikan anggaran dari APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 untuk membantu tugas berat para relawan penanggulangan bencana se-Kutai Kartanegara. Bantuan-bantuan itu diberikan kepada sedikitnya 50 kelompok relawan yang tersebar di sejumlah kecamatan dan desa.

Bentuk bantuan berupa 954 lembar selimut, 350 buah kasur lipat, 954 buah velbed, mesin chainsaw 25 unit, generator tower light 24 unit, bantal dan guling sebanyak 955 buah, 350 paket sembako, 54 paket perlengkapan dewasa, 120 dus mie instan, dan 120 paket perlengkapan balita.

“Kita ketahui para relawan bencana ini memikul tugas berat saat terjadi bencana, tapi bukan hanya itu, pasca bencana juga mereka masih bertugas, selain tugas mitigasi bencana. Jadi bantuan dari anggaran yang dialokasikan oleh Bapak Akhmed Reza Fachlevi ini hanya bentuk dukungan dan kepedulian atas tugas-tugas para relawan,” ungkap Guswantri mewakili Akmed Reza Fachlevi saat penyerahan bantuan kepada kelompok relawan di kantor BPBD Kutai Kartanegara, Senin (8/1/2024).

Bantuan-bantuan yang akan diberikan terus secara bertahap tersebut, kata Guswantri diharapkan dapat membantu tugas-tugas kebencanaan para relawan di lapangan. Terlebih kata dia, saat ini situasi cuaca ekstrim masih akan terjadi di wilayah Kalimantan Timur sebagaimana iformasi dari BMKG.

“Bapak Reza Fachlevi berharap bantuan ini dapat memotivasi para relawan dalam bertugas dalam menjalankan misi sosial dan kemanusiaan. Oleh karena itu, Pak Reza yang tidak dapat langsung menyerahkan bantuan ini, titip salam kepada seluruh relawan penanggulangan bencana,” kata Guswantri menambahkan.

Menerima bantuan tersebut, para relawan mengaku sangat terbantu. Kendati mereka masih memerlukan sejumlah perlengkapan yang nantinya dapat menjadi perhatian pemerintah untuk direalisasikan.

“Kami sangat senang menerima bantuan ini, terima kasih kepada Bapak Reza Fachlevi atas kepeduliannya kepada para relawan yang selama ini bertugas dan bekerja secara ikhlas. Harapan kami dukunga seperti ini dapat dilanjutkan terus sebagaimana harapan para relawan,” ungkap relawan dari Penanggulangan Bencana Desa Loh Sumber. (*)

Related posts

Anak Anggota DPR RI Aniaya Kekasih Sampai Tewas

admin

Tak Mau Tertinggal, Pendidikan di Riau Mulai Gunakan AI

admin

Kebakaran di Teluk Lerong Ilir, PAN Kaltim Gerak Cepat Salurkan Bantuan 

admin