TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 724 kali.
POLITIK

Rekapitulasi Internal Partai, PAN Kaltim Peroleh Satu Kursi DPR-RI

Baharuddin Demmu

Tebarberita.id, Samarinda – Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Timur (Kaltim) menyebut jika berdasarkan hasil perhitungan internal, partai berlogo matahari tersebut berhasil mengirimkan wakilnya ke gedung Senayan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Pemenagan Pemilu Wilayah (KPPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim, Baharuddin Demmu. Ia mengatakan, bahwa hasil tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan internal suara caleg DPR RI Dapil Kaltim berdasarkan saksi-saksi PAN yang ada di setiap TPS se-Kaltim. Dari hasil perhitungan internal tersebut, PAN Kaltim mengklaim jika satu kursi di DPR-RI berhasil didapatkan.

“Kami telah menyelesaikan penghitungan secara manual formulir C1 hasil. Ada 11.441 TPS yang tersebar di sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim, insyaallah PAN mendapatkan kursi, yakni kursi ke delapan,” ucap Baharuddun Demmu belum lama ini.

Wakil Ketua DPW PAN Kaltim, Fahrizal Helmi pun mengatakan hal serupa. Ia meyebut jika hal tersebut menjadi bukti kader PAN bergotong royong mendapatkan kembali kursi DPR RI yang telah alpa (kosong) selama tiga periode. Helmi mengakui bahwa keputusan final perolehan kursi legislatif tersebut berada di ranah Komisi Pemilihan Umum yang hingga saat ini masih dalam proses penghitungan suara.

“Kami akan terus mengawal proses penghitungan ini sampai selesai. Kami akan patuh dengan aturan dan menunggu hasil keputusan resmi KPU,” ungkapnya.

Sebagai informasi, proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Pemilu 2024 sedang berlangsung. Penghitungan suara resmi (real count) tersebut dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024. (*)

Related posts

KPU Kalimantan Tengah Harus Menggelar Pemungutan Suara Ulang di 16 TPS

admin

Sambut Pemilu Serentak 2024, DPW PAN Kaltim Latih Instruktur Saksi

admin

Kesimpulan KTT Ke-42, Jokowi Ingin ASEAN Inklusif dan Mandiri

admin