TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 751 kali.
BERITA UTAMA NASIONAL PEMERINTAHAN

Pegawai di IKN Akan Miliki Rumah Secara Kredit Khusus ASN

Tebarberita.id, Jakarta – Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan skema kredit pemilikan rumah (KPR) aparatur sipil negara (ASN) pionir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, saat ini skema tersebut masih dimatangkan oleh pihaknya dan pemangku kepentingan terkait.

“(Skemanya) sedang disiapkan, skema itu kemungkinan hampir sama dengan skema KPR biasa, namun pada intinya bagaimana dapat terjangkau,” ujarnya dalam acara peluncuran Tapera Mobile di Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023.

Herry menambahkan bahwa, keterjangkauan menjadi kata kunci dalam usulan skema KPR ASN Pionir di IKN.

“Untuk bentuknya sedang digodok oleh Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan,” katanya.

Dia menjelaskan, tujuan dari skema tersebut agar para ASN yang bermukim di sana mampu membeli rumah di IKN. Karena pemerintah akan melakukan pemindahan ASN secara bertahap dari Jakarta ke IKN.

“Dengan demikian para ASN yang akan pindah ke IKN ini seyogyanya mampu membeli rumah di sana, karena mereka akan tinggal dan bekerja di situ,” kata Herry.

Lebih lanjut menurutnya, melalui skema KPR ASN Pionir di IKN diharapkan bukanlah hunian yang biasa saja. Sehingga para ASN yang pindah ke IKN berminat untuk berinvestasi pada hunian di sana. Skema KPR ASN Pionir di IKN nantinya disediakan bagi ASN yang pindah ke IKN. Tipologi hunian adalah low rise building dengan luas bangunan minimal 70 m2. Skema yang diusulkan yakni dua skema di mana skema pertama adalah staircasing kepemilikan secara bertahap. Sedangkan skema kedua kata dia, yakni subsidi selisih bunga yang diperoleh dari hasil investasi dana abadi khusus untuk pembiayaan ASN.

Sebagaimana diketahui, periode 2022-2024 merupakan pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara, melakukan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR dan perumahan, juga pemindahan ASN tahap awal. (*)

Sumber: viva.co.id

Related posts

Pj Gubernur Kaltim Dilantik, Serah Terima Dijadwalkan Besok

admin

Ketua Komisi IV dan Dinas Sosial Kaltim Serahkan Bantuan Usaha di Kukar

admin

Final Liga Champions, Template Pahit AC Milan Menghantui Manchester City

admin