TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 1337 kali.
BERITA UTAMA POLITIK SAMARINDA

PAN Samarinda Rapatkan Barisan Jelang Pilkada Serentak

Pengurus DPD PAN Samarinda

Tebarberita.id, Samarinda – Tahapan Pemilu Serentak 2024 sudah bergulir sejak 14 Juni 2022. DPD PAN Samarinda mulai memanaskan mesin politiknya untuk mengail kemenangan besar dalam kenduri akbar kali ini. Khususnya dalam pemilihan legislatif.

“Kami punya target untuk menambah perwakilan di DPRD,” ungkap Jasno, ketua DPD PAN Samarinda, Sabtu (2 Juli 2022). Dalam Pileg 2019 lalu, partai matahari putih berhasil menyabet empat kursi atau mendapat 1 fraksi di Basuki Rahmat, sebutan DPRD Samarinda. “Di pileg nanti target jadi 5 kursi sehingga semua dapil di Samarinda ada keterwakilan. Saat ini kan minus Samarinda Ulu saja,” sambungnya.

Karena itu, mereka tengah merekrut figur potensial di Samarinda untuk diusulkan sebagai bakal calon legilatif (bacaleg) dari PAN Samarinda. perekrutan itu sudah dibuka sejak April lalu dan bakal berakhir akhir Juli ini. Dengan begitu, kata anggota DPRD Samarinda ini, PAN bisa lebih membagi porsi kerja untuk mengonsolidasikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terbentuk di nasional bersama PPP dan Golkar. “Kalau Juli ini rampung, bisa langsung konsolidasi dan penyusunan formasi sebaran bacaleg di lima dapil se-Samarinda,” katanya.

Lebih lanjut diterangkan Sekretaris DPD PAN Samarinda Suparno. Selain perekrutan bacaleg potensial, partai besutan Zulkifli Hasan itu tengah membuka perekrutan saksi yang bakal bekerja pada pemilu serentak nanti. “Karena harus disebar di 2.495 TPS se-Samarinda. Rekrut sekarang maka cepat pula pelatihan diberikan partai,” tuturnya.

Sejauh ini, jumlah saksi yang berhasil direkrut baru berkisar 30-40 persen dari jumlah TPS. Sementara target minimal yang dipatok sekitar 70 persen. Kehadiran saksi jelas sangat penting untuk mengawal suara PAN Samarinda dari tingkat paling dasar agar target besar menambah kursi di DPRD bisa tercapai. “Biar amanah rakyat yang dititipkan ke Partai Amanat Nasional kian kokoh dan bisa direalisasikan,” katanya tegas. (LL)

Related posts

Tahun Ini 1.174 Orang dari Kaltim Berangkat Haji

admin

Diduga Ujaran Kebencian, LBH Ansor di Kaltim Laporkan Faizal Assegaf

admin

450 Sekolah di Jepang Tutup Setiap Tahun

admin