TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 719 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Komisi DPRD Minta Pemasangan PJU Secara Merata

Alwi Al Qadri

Tebarberita.id,Balikpapan – Komisi III DPRD Kota Balikpapan turut menggelar Rapat Dengar Pendapat atau RDP bersama Dinas Perhubungan Dishub dengan pelbagai pembahasan, salah satunya pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU), Selasa, (16/05/2023).

Mengenai hasil RDP, Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang disampaikan salah satunya perihal masalah kebutuhan masayarakat yaitu, PJU yang diharapkan dilakukan pemasangan secara merata.

Pria yang kerap disapa Alwi, ia turut membeberkan bahwa untuk tahun 2023 pihak Dishub telah melakukan pengadaan PJU sebanyak 1.700 buah, khusus di jalan utama seperti di Km 13 dan arah Balikpapan Timur.

Pengadaan itu mendapat bantuan dari keuangan sebesar Rp13 miliar. Dan untuk APBD kota, Dishub telah menganggarkan Rp15 milar untuk kebutuhan jalan diatas 4 meter tepat di lingkungan warga.

“Selain itu kami juga melakukan penataan ulang dikawasan Jalan Jendral Sudirman. Agar kawasan itu lebih estetik lagi,” ungkapnya.

Selain itu, turut menjadi pembahasan pula terkait pengadaan CCTV yang nantinya akan dipasang pada titik beberapa lokasi jalan protokol.

“Kami juga membahas masalah CCTV yang dianggarkan Dishub sebesar Rp1,2 miliar. Dan kami minta agar pemasangan lebih diutamakan pada kawasan rawan kecelakaan,” bebernya.

Selain CCTV, Dishub juga menganggarkan PJU. Bahkan ia meminta agar pemasangan dilakukan secara merata, karena ini sesuai dengan program wali kota, yakni Balikpapan terang.

“Pada dasarnya kami menanyakan terkait program sudah berjalan di tahun 2023. Dan alhamdulilah sudah berjalan semua, mudah-mudahan tidak ada telat sampai akhir 2023,” ucapnya.

Alwi menyebut bahwa gedung parkir sangat minim dari segi pendapatan, karena untuk setahunnya saja hanya mendapatkan sekitar Rp100 juta lebih, sementara uang pemeliharaan selama setahun mencapai Rp2 miliar, tentu ini tidak sebanding.

“Menurut saya gedung parkir ini merupakan program yang mubazir, anggaran besar pendapatan minim,” ujarnya.

Tempat terpisah, Kepala Dishub Edward menerangkan, RDP tadi membahas terkait dengan serapan anggaran tahun 2023, serta pelayanan dan fungsi lainnya.

“Selain itu juga tentang kebutuhan masyarakat mengenai PJU yang masih minim penerangan,” tambahnya. (ADV)

Related posts

Sekarang Prevalensi Stunting Kutim Tidak Tinggi

admin

Warga Jelawat Sampaikan Keluhan saat Reses Suparno

admin

HUT Kaltim ke-66, Gedung B DPRD Sudah Dapat Digunakan

admin