TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 656 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Kades Kersik: Transformasi Digital Percepat Layanan


Tebarberita.id, Tenggarong – Desa Kersik di Kutai Kartanegara telah meluncurkan layanan publik berbasis digital melalui website resminya. Kepala Desa Kersik, Jumadi, menyampaikan bahwa transformasi ini bertujuan utama untuk memudahkan akses pelayanan administrasi masyarakat.

“Transformasi digital ini tidak hanya mempercepat pelayanan tetapi juga mendukung penyebaran informasi yang lebih efisien kepada masyarakat,” ungkap Jumadi di Podcast Sukri n D’Genk, Sabtu (14/10/2023).

Website desa yang dikembangkan telah mendapatkan pengakuan resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menandakan langkah serius Desa Kersik dalam mengadopsi teknologi.

Proses digitalisasi desa melibatkan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sebagai motor penggerak dan koordinator dalam pelaksanaan transformasi. KIM aktif mensosialisasikan perkembangan ini melalui laman website resmi Desa Kersik, yang dapat diakses di kersik.desa.id.

Jumadi menegaskan, bahwa meskipun layanan ini mendapat respons positif, masyarakat yang tidak familiar dengan teknologi tetap bisa dilayani secara manual. Ini merupakan langkah inklusif untuk memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati pelayanan.

“Dengan menggunakan smartphone berbasis Android, warga bisa mengakses layanan di manapun. Mereka bahkan dapat mencetak dokumen sendiri,” tambahnya.

Adapun rencana kedepannya melibatkan penambahan fitur, termasuk pendirian pasar digital dan peningkatan keamanan di Pantai Biru Kersik. Namun, penambahan tersebut akan dilakukan secara bertahap, sambil meningkatkan kapasitas sumber daya manusia lokal.

Desa Kersik memang telah menorehkan prestasi signifikan dalam menyajikan pelayanan publik yang adaptif, menandai era baru dalam administrasi desa yang terhubung secara digital. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Kursi Ketua Komisi I, Abdulloh: Nanti Komisi I Rapat Internal

admin

Masyarakat UMKM Kutai Kartanegara Diharap Gunakan Program KKI

admin

Deni Hakim dorong Infrastruktur Dasar di Pelita 6 Terpenuhi

admin