TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 841 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Joko: PPDB Perlu Evaluasi

Joko Wiratno

Tebarberita.id, Samarinda – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tepian bakal dievaluasi. Komisi IV DPRD Samarinda menilai jalannya penerimaan siswa baru itu masih banyak persoalan. Sehingga perlu ada evaluasi agar tahun berikutnya berjalan lebih baik.

Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Joko Wiratno mengatakan, proses PPDB di Samarinda belum sepenuhnya sempurna. Masih banyak hal yang menurutnya perlu dilakukan perbaikan. Maka harus ada evaluasi mengenai proses penerimaan siswa baru ini.

“Jadi bentuknya evaluasi saja. Untuk perbaikan tahun berikutnya,” ucap Joko.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini tak sedikit menerima keluhan terkait PPDB. Hal pertama yang ia soroti adalah mengenai proses pendaftaran online. Karena masih ada sebagian wilayah di Samarinda yang blank spot. Seperti di sebagian Samarinda Utara dan Palaran.

“Apalagi kawasan blank spot ini juga berjarak jauh dari sekolah. Sehingga datang ke sekolah untuk daftar manual pun sulit,” ungkapnya.

Kemudian hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah kuota afirmasi. Kuota untuk warga miskin ini masih belum dapat mengakomodir pendaftarnya. Verifikasi pendaftar masih kerap terganggu, sehingga banyak warga yang mengeluh terkait PPDB tahun ini.

“Jadi berkas warga lengkap tapi tidak bisa terverifikasi sebagai warga miskin. Hingga akhirnya tidak bisa masuk di sekolah yang dituju,” bebernya.

Oleh karena hal itu Komisi IV ingin melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PPDB. Sebab selama ini penerimaan siswa baru kerap terjadi persoalan. Dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar hearing tersebut.

“Masih menunggu anggota komisi IV kumpul dulu. Karena masih ada yang ada ibadah haji,” tandasnya. (adv/bct)

Related posts

Wakil Ketua DPRD Berharap Pembahasan KUA-PPAS 2023 Sesuai Jadwal

admin

Perda Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah Disahkan DPRD Kaltim

admin

Wacana Samarinda Swasembada Beras, Novi: Benahi Dulu Lingkungan Hidupnya

admin