TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 689 kali.
ADVERTORIAL DPRD KUTAI KARTANEGARA

Festival Gandrung 2023 Memotivasi Seniman di Kaltim

Saparuddin Pabonglean

Tebarberita.id, Tenggarong – Anggota DPRD Kukar Saparuddin Pabonglean mendukung penuh, atas digelarnya Festival Gandrung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang berlangsung di panggung hiburan Kelurahan Maluhu, pada 18-19 november.

Gandrung merupakan sebuah kesenian tradisional yang banyak digandrungi masyarakat yang ada di Banyuwangi, Gandrung sangat energik dan penuh pesona.

Ia mengapresiasi kepada Disdikbud Kukar, pengurus Ikatan keluarga Banyuwangi (Ikawangi), maupun partisipan dari Kabupaten/Kota di Kaltim, yang sudah memeriahkan dan menyemarakan kegiatan Maluhu Fest 2023.

“Melalui festival tersebut dapat memotivasi pelaku seni di Kaltim, khususnya yang berasal dari Banyuwangi,” kata Saparuddin Pabonglean.

Saparuddin menyebutkan, festival tersebut bagian dari memberikan ruang atau wadah kepada pelaku seni dan sebagai upaya dalam melestarikan budaya yang ada di Kukar dan DPRD Kukar pastinya mendukung melalui aspirasi atau pokok pokok pikiran.

“Jadi ini adalah kolaborasi yang baik, antara DPRD, pemerintah daerah, dan paguyuban, dan masyarakat secara luas,” ungkap Saparuddin.

Ditambahkan Saparuddin, festival tersebut akan diadakan setiap tahunnya dengan kolaborasi bersama pemerintah daerah. Sebab antusias masyarakat dalam menyambut Festival Gandrung sangat luar biasa.

“Saya juga sebagai Dewan Pembina Ikawangi terus melakukan pembinaan terus menerus melalui latihan latihan,” ungkapnya.

Ia berharap, pelaku seni tari Gandrung terus meningkatkan keahliannya. Sehingga ketika tampil hasilnya bisa maksimal, dan dapat memotivasi generasi muda.

“Kami berharap, dari festival tersebut dapat memotivasi khususnya generasi muda di Kukar, untuk terus melestarikan budaya,” papar Saparuddin. (Adv)

Related posts

Fraksi PDIP Soroti Infrastruktur dan Pelayanan Air Bersih di Balikpapan

admin

Kinerja Anggota DPRD Balikpapan Hingga Tahun ke-5 Berjalan Baik

admin

Perebahan Tiang Ayu Tandai Berakhirnya Pesta Adat Pelas Benua 2023 

admin