TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 773 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

DPRD Dukung Pemkot Siapkan TPA Cadangan

TPA Sambutan dirasa perlu dukungan untuk menampung sampah Samarinda. TPA Batu Cermin kabarnya tengah disiapkan pemkot saat ini.

Tebarberita.id, Samarinda – Pengelolaan sampah di Samarinda masih banyak problematika. Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah jadi salah satu persoalan yang sulit diselesaikan. Namun Pemkot Samarinda mulai menyiapkan lokasi cadangan untuk mengatasinya.

Diketahui TPA Bukit Pinang saat ini sudah dianggap tidak layak. Dikelola dengan sistem open dumping atau sampah dibiarkan menumpuk begitu saja. Begitu banyaknya tumpukan itu, hingga bisa menghasilkan gas metan. Sehingga dalam kondisi tertentu sampah mudah terbakar dan asapnya menyebar ke pemukiman penduduk.

Sebenarnya pemkot sudah menyiapkan TPA pengganti di Kecamatan Sambutan. Tapi akses jalan dan fasilitas penerangan masih minim. Sehingga masih separuh sampah kota yang dibuang ke sana. Kini wacana TPA cadangan pun dicuatkan pemkot. Dengan menyiapkan TPA lain di kawasan Batu Cermin, Sempaja Utara.

DPRD Samarinda menilai positif langkah tersebut. Sebagai bentuk persiapan jika nantinya TPA Sambutan juga menjadi berlebihan kapasitas. Hal ini diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Jasno.

“Ya paling tidak untuk jadi TPA cadangan. Paling tidak ada persiapan jika kondisi seperti TPA Bukit Pinang,” ucap Jasno.

Jika rencana itu benar-benar diseriusi maka sudah seharusnya kerja teknis disiapkan. Mulai dari pembebasan lahan, menyiapkan akses jalan hingga memastikan jauh dari pemukiman.

“Sehingga saat ini, persiapan menuju pembangunan TPA Batu Cermin itu bisa dimulai,” tuturnya.

Memang saat ini, lanjutnya, prioritas perencanaan mengarah ke TPA Sambutan. Namun tidak ada salahnya jika langkah ini juga disiapkan. Sebagai bentuk antisipasi dan tidak ada kendala di kemudian hari.

“Terutama pastikan lahan sudah klir. Jadi saat dibangun tidak terganjal dengan masalah sosial,” urai Jasno.

Sementara itu, untuk lokasi TPA Sambutan, Jasno juga mengusulkan agar Pemkot Samarinda mulai menata sarana infastruktur dan akses utamanya. Memang prosesnya dikerjakan bertahap, mengikuti kemampuan keuangan daerah.

“Tapi dengan begitu nantinya tidak memakan biaya yang besar yang dapat membebani APBD,” tutup Ketua DPD PAN Samarinda ini. (adv/bct)

Related posts

Suparno Ingatkan Bahaya Kebakaran

admin

Sri Puji Ingatkan Pemkot, Pembangunan Daerah Harus Merata

admin

Tata Beracara BK DPRD Kaltim Ditarget Rampung Tahun Ini

admin