TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 903 kali.
BERITA UTAMA KALTIM POLITIK

Bawaslu Kalimantan Timur Buka Lomba Menulis Artikel

Komisioner Bawaslu Kaltim Galeh AKbar Tanjung saat peluncuran Saluran Siaga Pemilu di Kedai Setiap Hari Coffe di Jalan Ir. H. Juanda, Air Putih, Samarinda, Selasa (20/2/2023).

Tebarberita.id, Samarinda – Guna memperluas ruang demokrasi bagi masyarakat agar terlibat aktif dalam Pemilu 2024, Bawaslu Kalimantan Timur mengundang mahasiswa dari perguruang tinggi di provinsi ini untuk ikut berkompetisi melalui karya tulis, berbentuk opini atau artikel tentang kepemiluan.

Lomba menulis opini atau artikel ini mengusung tema “Bawaslu; Menjaga Kedaulatan, Menegakkan Demokrasi”. Adapaun sub temanya yakni, peran masyarakat dalam pengawasan partisipasi, pemilu bersih tanpa hoax, isu sara dan ujaran kebencian. Kemudian sub tema berikutnya yakni melawan politik uang untuk pemilu yg berintegritas, peran masyarakat dalam supremasi hukum pemilu, dan netralitas ASN dalam pemilu.

Bagi yang berminat dapat mendaftarkan dan mengumpulkan karyanya mulai 11 Mei sampai dengan 30 Mei 2023. Kriteria penulisan serta ketentuan umum lomba secara lebih lengkap dapat diunduh di https://rb.gy/qrxzf atau dengan mengunjungi media sosial Bawaslu Kaltim.

“Kegiatan Lomba Menulis ini dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi partisipasi masyarakat secara umum dalam membumikan demokrasi dan memperluas pendidikan politik ke kasyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan banyak mahasiswa dari perguruan tinggi di wilayah Kalimantan Timur yang mengirimkan karya tulis terbaiknya dalam upaya membumikan demokrasi di masyarakat secara luas,” jelas anggota Bawaslu Kalimantan Timur Galeh Akbar Tanjung.

Lomba menulis kepemiluan tersebut, kata dia, merupakan bagian dari fungsi dan tugas Bawaslu dalam upaya meningkatkan partisipasi publik untuk mengawal Pemilu 2024 berjalan secara demokratis dan bermartabat.

“Dengan keterlibatan masyarakat khususnya mahasiswa, pastinya akan menumbuhkan perhatian dan menambah khazanah tentang pengetahuan politik khususnya pemilu. Hal ini sangat beriringan dengan tugas Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur dalam upaya mencerdaskan pengetahuan politik masyarakat sehingga kedepannya dapat bersama-sama mengawasi Pemilu dengan efektif,” kata Galeh menambahkan. (*)

Related posts

Alasan Diabetes Melitus, Pemerintah Akan Pungut Cukai Minuman Berpemanis

admin

Bagian dari Aktor Demokrasi, UINSI Teken MoU dengan Bawaslu Kaltim

admin

Tahun Ini 1.174 Orang dari Kaltim Berangkat Haji

admin