TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 824 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Anjal dan Gepeng Perlu Penanganan Humanis

Sani Bin Husain

Tebarberita.id, Samarinda – Anak jalanan (anjal) serta gelandangan dan pengemis (gepeng) masih banyak di Samarinda. Keberadaan mereka kerap dianggap merusak wajah kota. Namun hal ini jadi pertanda jika permasalahan sosial masih mengemuka di Kota Tepian.

Wakil Ketua Komisi IV, Sani bin Husain angkat bicara mengenai perihal tersebut. Menurutnya memang perlu ada penanganan yang humanis. Agar bisa menerapkan pembinaan yang mengarah kepada hal-hal produktif. “Perlu waktu memang, komitmen yang kuat juga mesti ditunjukan,” ucap Sani.

Selain itu, pemkot melalui Dinas Sosial dan Satpol PP selama ini memang sering menggelar operasi penertiban. Kendati demikian, tetap saja anjal dan gepeng di Ibu Kota Kaltim masih menjamur. Seolah tidak pernah ada habisnya. “Maka perlu mencari tahu akar masalah dari kehadiran anjal dan gepeng ini,” tuturnya.

Apakah memang murni karena faktor ekonomi atau disebabkan hal lainnya. Dari situ baru bisa dipastikan langkah tepat untuk diambil. Sehingga upaya yang dilakukan tidak berulang terus menerus. “Bisa saja ada komunitas dan ada yang menggerakan. Jika begitu harus pula diusut tuntas,” imbuhnya.

Berikutnya, perlu juga memberikan sebuah keterampilan agar mendapat lapangan kerja. Dengan begitu mereka tak lagi menjalankan aksi anjal atau gepeng di tengah kota. “Sebagai bentuk pembinaan. Tapi yang terpenting bisa ditelusuri penyebab utamanya,” tandas politisi PKS ini. (adv/bct)

Related posts

Pelatihan Gada Pratama, Dispora Kukar Harap Pemuda Disiplin dan Siap Kerja

admin

SMPN 3 Sangatta Utara Siap Laksanakan PPDB Tahun Ajaran 2023/2024 Secara Online

admin

Produk Perikanan Desa Embalut Terus Meningkat 

admin