TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 633 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

HUT ke-24 Kutim, Kirab Budaya Diikuti Puluhan Kelompok Adat

Tebarberita.id, Sangatta – Kendati diguyur hujan, puluhan regu tetap semangat memeringati HUT ke-24 Kabupaten Kutai Timur (Kutim), dengan memamerkan penampilan adat dalam kegiatan Kirab Budaya yang dilaksanakan di Jalan Sudarso Sangatta Utara, Minggu (22/10/2023).

Seperti diketahui, 45 regu ikut memeriahkan agenda ini. Pesertanya yang terdiri dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan paguyuban se-Kutim. Kirab budaya ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim.

Turut dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Danlanal Kutim, Wakil Ketua DPRD KutimbAsti Mazar, seluruh kepala OPD, hingga elemen lain. Kasmidi Bulang menyebut Kirab Budaya merupakan pagelaran yang menampilkan kekayaan budaya, seni, olahraga, dan kreativitas masyarakat. Dia menegaskan kegiatan ini menjadi Pagelaran Warisan Adat.

“Kirab Budaya ini merupakan rangkaian dari HUT Kutim. Di sini bisa melihat budaya, seni, olahraga, dan juga kreativitas keberagaman masyarakat di Kutim,” ujarnya.

Ia juga mengatakan rentetan kegiatan terus digelar pasca berakhirnya Covid 19 yang sempat menerjang. Seperti perlombaan band, festival band, festival pop, lomba habsyi.

“Masih banyak lagi kegiatan lain. Seperti pameran expo di Graha Expo Bukit Pelangi, bahkan kegiatan-kegiatan olahraga. Kami lakukan ini berbeda setelah Covid 19 tidak ada lagi,” ulasnya kemudian.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua 1 DPRD Kutim Asti Mazar menyebut kendati diguyur hujan, peserta Kirab Budaya tetap tampil meriah. Bahkan, hal ini menarik animo masyarakat Kutim.

“Saya sangat mengapresiasi penampilan semua peserta yang sangat totalitas, bahkan bisa menarik masyarakat untuk menonton,” ucap Asti.

Asti berharap seluruh masyarakat Kutim dapat mempertahankan dan mempromosikan warisan budaya.

“Ini tugas bersama, untuk menjaga warisan budaya yang ada di daerah,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kutim)

Related posts

Baharuddin Demmu Dukung Sekolah Lapang Penyuluh

admin

Pansus SPAB DPRD Samarinda Inventarisasi Masukan Pembentukan Sekolah Aman Bencana

admin

Kecamatan Muara Wis Sempurnakan Digitalisasi Pelayanan Publik  

admin