TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 707 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Sarankan Pemkot Maksimalkan Serapan Anggaran

Jasno

Tebaerberita.id, Samarinda – Progres pembangunan daerah sepanjang 2023 diharapkan Anggota Komisi III DPRD Samarinda Jasno bisa lebih ditingkatkan. Hal itu disampaikan agar daya serap anggaran bisa lebih baik sehingga masyarakat bisa merasakan hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Sejauh ini, hasil koordinasi dengan instansi terkait memang sudah sesuai track. Tapi bisa lebih dipacu lagi harusnya,” ungkapnya beberapa waktu lalu. Sembari memacu kerja, pemkot juga disarankannya agar bisa intens berkomunikasi dengan Pemprov atau pemerintah pusat terkait penyelarasan pekerjaan sehingga tak saling bersinggungan satu sama lain.

Politikus PAN ini juga meminta agar program kerja Wali Kota Samarinda Andi Harun membenahi perwajahan kota, seperti revitalisasi Citra Niaga dan Pasar Pagi dapat diawasi maksimal sehingga bisa rampung sesuai batas waktu yang disepakati. Terlebih, masa kepemimpinan wali kota bakal berakhir seiring digelarnya pemilu serentak 2024. “Jika serapan maksimal potensi silpa (sisa langsung penggunaan anggaran) juga bisa menurun,” katanya.

Serapan anggaran memang tak melulu tentang pembangunan infrastruktur. Ada pula soal peningkatan kualitas sumber daya masyarakat (SDM) di semua organisasi perangkat daerah (OPD). Jasno menyarankan agar pemkot juga memerhatikan kualitas SDM yang ada saat ini.

Untuk bisa memacu kerja agar program kerja dan visi misi wali kota dapat terwujud diperlukan SDM yang mumpuni. “Sehingga kerja OPD yang ada bisa selaras di berbagai aspek. Kebutuhan anggaran kan untuk menyeluruh bukan hanya pembangunan. Tapi juga kualitas SDM yang berdaya saing,” tutupnya. (ADV/LL)

Related posts

Samsun Minta Kesejahteraan Nakes Diprioritaskan

admin

Jalan Jakarta Kerap Dilintasi Kendaraan Berat, DPRD Terima Keluhan

admin

Aksi Bergizi di Sekolah MAN 2 Tenggarong, Gerakan Pencegahan Stunting

admin