TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 724 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Suparno Kawal Pembangunan Infrastruktur Dasar Bisa Terealisasi

Suparno saat reses

Tebarberita.id, Samarinda – Semenisasi jalan hingga drainase memang jadi program paling dasar yang ditempuh Pemkot agar warga bisa merasakan langsung dampak pembangunan daerah. Kendati begitu, anggaran yang terbatas seringkali membuat pembangunan tersebut harus dikerjakan bertahap.

Karena hal ini, Anggota DPRD Samarinda Suparno meminta pemkot untuk mendata program-program pembangunan yang sudah dikerjakan namun masih sebagian yang sudah rampung. “Banyak keluhan warga ketika reses bulan lalu. semenisasi jalan mereka sudah dikerjakan tapi baru setengah, belum seluruh jalannya,” ungkapnya pekan lalu.

Upaya lain lewat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) memang bisa menambal kekurangan pembangunan yang ada lewat inisiasi warga sendiri. Namun, dengan nominal bertahap per tahunnya berkisar Rp 100-300 juta tentu kebutuhan warga akan jalan mulus dan drainase yang mampu mengalirkan air dengan baik tanpa sedimen belum bisa terakomodasi sepenuhnya.

“Misal panjang jalannya 400 meter. Tapi tahun ini baru dikerjakan 200 meter, lewat probebaya ditambah 100 meter. Nah, kekurangan 100 meter ini seringkali menggantung tak ada kejelasan. Makanya saya sarankan pemkot data kegiatan yang terputus seperti ini. Jadi di tahun selanjutnya bisa diselesaikan,” ulasnya.

Dia pun sudah sering berupaya mengawal usulan warga dari paling dasar. Jika kebutuhan masyarakat itu mampu diakomodasi lewat pokok pikiran dewan, kata dia, pasti langsung diusulkannya. Jika tidak, mau tak mau, dia mengawal usulan itu agar tertuang dalam musyawarah rencana pembangunan (musrembang) di setiap tingkatan. “Dikawal dengan berbagai upaya biar terealisasi,” singkatnya. (ADV/LL)

Related posts

Bahas Jembatan, Komisi Gabungan Gelar Rapat Kerja

admin

Banggar DPRD Kaltim Ingatkan Pemkab Kutim

admin

Dari RDP BBM Bersubsidi di DPRD Samarinda, Komisi III Minta Kuota Ditambah

admin