TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 667 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Petani di Desa Panca Jaya Terima Bantuan dari Pemkab Kukar


Tebarberita.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan bantuan pupuk kepada petani di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman. Bantuan diserahkan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin kepada para petani, Senin (2/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Rendi Solihin mengatakan, pemerintah kabupaten terus memberikan perhatian kepada dunia pertanian. Ia menyebutkan, untuk anggaran di bidang pertanian tahun 2023 mencapai Rp 1 triliun.

“Ini karena ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Jadi, anggaran pertanian tidak seperti biasa lagi, jika tahun-tahun sebelumnya setahun hanya berkisar Rp300 miliar – Rp400 miliar, kini naik dua kali lipat,” sebut Rendi Solihin kepada pewarta.

Rendi juga melanjutkan, anggaran tersebut untuk tiga tujuan utama, di antaranya infrastruktur, meliputi jalan usaha tani, hingga pembangunan embung. Nantinya akan ada bantuan berupa peralatan modern.

“Seperti alat pertanian, di kecamatan lain banyak petani-petani yang sepuh, makanya modernisasi pertanian ini kami anggap penting untuk masyarakat,” katanya.

Adapun bantuan lainnya seperti pupuk organik, dan pupuk NPK. Salah seorang petani di Desa Panja Jaya, Sunanto mengaku gembira dengan bantuan yang diberikan Pemkab Kukar. Ia juga mengaku untuk kali pertamanya menerima bantuan dengan proses yang cepat.

“Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan. Tapi, ini tidak banyak prosedur, dan bisa langsung digunakan petani,” ungkap Sunanto.

Sunanto menambahkan, bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani. Untuk mensukseskan prorgam pemerintah Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur.

“Tentu kita semakin bersemangat, terima kasih kami sampaikan kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” pungksnya (Rob/Adv/Diskominfo Kukar).

Related posts

Ketua Komisi IV DPRD Harapkan Atlet Muda Kaltim

admin

Apresiasi Seni Budaya Kukar 2023 Akan Berlangsung di 20 Kecamatan

admin

Lancar dan Kondusif, Pilkades Serentak di Kukar Jadi Contoh Pendemokrasian

admin