TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 656 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Pemuda Desa Muara Enggelam Jaga Ekosistem Alam

Madi

Tebarberita.id, Tenggarong – Kepala Desa Muara Enggelam, Madi, menyatakan melalui kegiatan penanaman pohon oleh generasi muda di Desa Muara Enggelam, para pemuda yang berada di wilayahnya, saat ini sangat menunjukkan kecintaan terhadap alam.

Kepala Desa Muara Enggelam, Madi, menerangkan bahwa, program ini merupakan kelanjutan dari inisiatif kepemimpinan sebelumnya yang telah memprioritaskan pemberdayaan pemuda daerah.

“Dari kepemimpinan sebelumnya, pemberdayaan anak muda ini sudah dilakukan, dan saya masih melanjutkan hal tersebut,” ungkapnya, Rabu (8/11/2022).

Kegiatan ini, dirancang untuk membantu generasi muda, untuk memahami pentingnya melestarikan lingkungan sekitar terutama area Desa Muara Enggelam.

“Program untuk pemuda di desa kami yang kami lakukan dengan membuat kegiatan mencintai lingkungan,” ujarnya.

Salah satu aspek utama dari program ini adalah, kegiatan penanaman pohon di daerah-daerah pesisir. Kepala Desa Muara Enggelam, Madi, menjelaskan bahwa pihaknya, mendorong pemuda desa untuk menanam kayu lokal, khususnya kayu kahoy.

“Anak-anak muda kita dorong dengan melakukan pananaman pohon di daerah-daerah pesisir, dengan menanam kayu lokal, yaitu kayu kahoy,” imbuhnya.

Penanaman pohon ini tidak hanya bertujuan untuk menghijaukan lingkungan, tetapi juga untuk memahami arus gelombang dan membantu menjaga keseimbangan alam dengan menyerap panas matahari.

“Sebenarnya tujuan penanaman pohon itu, untuk memaham arus gelombang dan untuk keseimbangan alam untuk menyerap panasnya matahari,” katanya.

Lebih lanjut Madi menyatakan harapannya bahwa, program penanaman pohon ini akan membantu pemuda desa lebih fokus pada aktivitas positif dan menghindari kegiatan yang negatif.

“Harapannya, dengan adanya program penanaman pohon tersebut, anak-anak muda dapat lebih melakukan aktivitas mereka dengan positif dan tidak terjerumus ke lingkungan yang negatif. Selain bermanfaat program ini sangat membantu ekosistem lingkungan,” pungkasnya.

Dengan cara ini, mereka akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru, meningkatkan kesadaran lingkungan, dan berkontribusi pada ekosistem lingkungan.

Program ini telah mendapat sambutan positif di kalangan pemuda desa Muara Enggelam, dan diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan generasi muda setempat. (Adv/DIskominfo Kukar)

Related posts

Pemerintah Desa Loa Duri Ulu Fokus Bangun Irigasi

admin

APBD Perubahan Kota Balikpapan Tahun 2023 Sebesar Rp4,1 Triliun

admin

Alat Praktikum Kebanjiran, Ketua Komisi IV Kunjungi SMKN 2 Sebulu

admin