TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 662 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Pemdes Bendang Raya Manfaatkan Lubang Eks Tambang untuk Program Pamsimas

Ilustrasi lubang tambang (Sumber Mongbay)

Tebarberita.id, Tenggarong – Kepala Desa (Kades) Bendang Raya, Muhammaddin, mengumumkan bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) telah memanfaatkan lubang eks tambang sebagai penampungan air untuk Mandi Cuci Kakus (MCK) masyarakat.

Langkah ini, merupakan bagian dari realisasi program Pamsimas, dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), akan membangun fasilitas untuk disalurankan air bersih kepada masyarakat.

Kades Bendang, Muhammaddin, menjelaskan, bahwa kendala utama saat ini adalah ketidak merataan jaringan pipa air bersih ke setiap RT. Pemasangan pipa air bersih akan dilakukan secara bertahap sebagai solusi untuk meningkatkan akses air bersih.

“Saat ini, masyarakat masih terpaksa membeli air bersih dari luar untuk kebutuhan sehari-hari. Permasalahan ini menjadi fokus serius pemerintah desa untuk segera mengatasi kekurangan pasokan air bersih,” ungkap Kades Bendang, Muhammaddin, Jumat (10/11/2023).

Sebagai informasi, Pamsimas merupakan, program penyediyaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, yang telah menjadi program andalan nasional.

Muhammaddin berharap, agar jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) segera mencakup Desa Bendang Raya. Dengan demikian, seluruh warga desa dapat menikmati akses air bersih, dan permasalahan air bersih diharapkan dapat terselesaikan dengan baik.

“Dengan target pada tahun 2025, kami berharap seluruh masyarakat di Desa Bendang Raya dapat menikmati air bersih,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Ardiansyah Harap Kurikulum JSIT dapat Dipadukan dengan Merdeka Belajar

admin

Sekretariat Gelar Raker Proses Penyusunan Pokir DPRD

admin

Pansus Akan Panggil Gubernur Kaltim

admin