TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 853 kali.
ADVERTORIAL DPRD KALIMANTAN TIMUR

Nilai Jual Wisata Menurun, Rusman: Pemerintah Daerah Harus Evalusi

Rusman Yaqub

Tebarberita.id, Samarinda – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Yaqub menyoroti tujuan wisata di Kaltim, seperti Pulau Kumala yang kini sepi pengunjung. Menurutnya, hal ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah untuk lebih mengevaluasi penyebab masalah turunnya nilai jual wisata yang ada di daerah itu.

“Hal ini harus segera ditangani oleh pemerintah daerah, agar wisata di kabupaten-kota tidak terbengkalai,” ucapnya saat diwawancarai awak media ini, Senin (14/11/2022).

Rusman menyampaikan, wisata yang ada di Kaltim perlu segera dipulihkan dengan cara membenahi dari sisi tata kelola, memperbaiki sistem promosi serta aksesibilitas menuju tempat wisata tersebut.

“Kalau tidak wisata akan mati secara alamiah, karena pariwisata yang tidak dikelola dengan baik akan ditinggalkan oleh wisatawan. Serta pengelola pariwisata harus mengikuti dinamika perkembangan zaman,” jelasnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menegaskan, pemerintah daerah perlu turun tangan akan permasalahan ini, dengan memanggil badan pengelola wisata seperti Dinas Pariwisata untuk survei, apa yang menjadi permasalahan sepinya pengunjung dan turunnya nilai jual wisata.

“Jadi pemerintah harus mengevaluasi total wisata lokal yang ada di Kaltim, baik milik pemerintah maupun swasta,” katanya lagi.

Ia berharap, destinasi wisata yang ada di setiap kabupaten-kota di Provinsi Kaltim dapat dikelola dengan baik, yakni dengan mengaktifkan kembali badan promosi wisata daerah yang mati suri untuk masif kembali melakukan kegiatan promosi wisata yang saat ini sepi akan pengunjung.

“Apalagi menjelang IKN, pastinya akan banyak wistawan yang berdatangan dari luar daerah untuk menikmati wisata yang ada di Benua Etam ini,” tutupnya. (Adv/Na)

Related posts

Ratu Adrienne Terpilih Jadi Juara Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ

admin

Anhar Desak Pemkot Atasi Dampak Pembangunan Terowongan

admin

Pansus Berusaha Selamatkan Bahasa Lokal dari Kepunahan

admin