TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 762 kali.
ADVERTORIAL DPRD KALIMANTAN TIMUR

Pemerintah Diharap Perhatikan Kebutuhan Penyandang Disabilitas

Sigit Wibowo

Tebarberita.id, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo menilai penyandang disabilitas di Kaltim kurang mendapatkan perhatian dalam pelayanannya. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya fasilitas publik yang kurang ramah dengan penyandang disabilitas.

“Masih banyak sekali tempat yang tidak memberikan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, sehingga mereka tak mampu menikmati ataupun mengunjungi tempat tersebut,” paparnya, Selasa (15/11/2022).

Menurut Sigit, semua warga negara Indonesia memiliki hak yang sama. Tak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

“Seluruh fasilitas harus disediakan. Contoh, gedung layanan publik harus ada yang memfasilitasi mereka, seperti ada jalur khusus untuk kursi roda. Selain itu, hak disabilitas terhadap politik, mereka juga mempunyai hak yang sama, dipilih maupun memilih,” katanya menjelaskan.

Politikus fraksi PAN ini pun mendorong kepada seluruh pejabat pemerintahan untuk memberikan perhatian serius kepada para penyandang tersebut. Dimulai dari pemenuhan fasilitas, sarana dan prasarana, hingga ruang publik.

“Pemerintah sebagai pemangku kepentingan, dalam hal ini harus memberikan jaminan kepada mereka. Termasuk perda dan juga pergub. Kita harus mengatur itu. Bagaimanapun mereka memiliki hak yang sama seperti kita,” pungkas Sigit. (Adv)

Related posts

KPC Salurkan Beasiswa Berdaya Bagi 201 Orang, Bupati Harap Jumlah Penerima Ditambah

admin

Komisi I Bersama OPD Matangkan Kajian Akademik

admin

Tanggulangi Stunting, Kecamatan Anggana Optimalkan Puskesmas 

admin