TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 677 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Kasmidi: Peran Keluarga Penting untuk Bentuk Generasi Tangguh, Berkarakter dan Berdaya Saing

Tebarberita.id, Sangatta – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengatakan, penduduk yang besar dan berkualitas memang dapat menjadi modal pembangunan, sebaliknya jika penduduknya besar dan tidak berkualitas justru akan menjadi beban dalam pembangunan itu. Oleh karena itu, Program keluarga berencana merupakan solusi yang tepat untuk menanggulangi hal tersebut.

“Jika pertumbuhan penduduk terus bertambah dengan laju pertumbuhan yang tinggi, sementara pertumbuhan ekonomi tidak tumbuh secara signifikan. Maka pertumbuhan yang kini sedang giat-giatnya kita bangun maka akan jadi sia-sia,” ujar Kasmidi pada kegaiatan Pelayanan KB Gratis Serentak se Indonesia Sejuta Akseptor, dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30, di Gedung BPU Kecamatan Sangkulirang, Rabu (14/06/2023).

Dalam kesempatan itu, Kasmidi mengajak semua masyarakat yang ada termasuk pihak-pihak terkait untuk ikut serta dalam menciptakan sekaligus menjaga kualitas SDM yang sudah ada agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia menambahkan, salah satu strategi untuk meningkatkan SDM yakni melalui strategi peningkatan pembangunan keluarga.

“Karena peran keluarga begitu penting dalam membentuk generasi yang tangguh, berkarakter dan berdaya saing,” ungkap orang nomor dua di Kutim ini.

Sebelumnya, Plt Kepala DPPKB Ronny Bonar H Siburian menyampaikan, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nilai-nilai agama, sosial, kemanusiaan serta moral secara praktis yang berproses dan lain sebagainya.

Menurutnya, Hal-hal inilah yang menentukan kualitas dari suatu keluarga, sebab itu pentingnya keluarga sebagai kekuatan untuk menjadi bangsa sekaligus jadi daya bangkit keberhasilan program dan menjadi penguat komitmen bersama untuk percepatan penurunan stunting.

“Dalam rangkaian peringatan hari keluarga nasional, merupakan momentum atas pentingnya peran keluarga. Penetapan Harganas merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah yang konsisten dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia dan telah sejalan dengan kelanjutan yang dilaksanakan pemerintah Indonesia dalam memerangi stunting,” pungkasnya.

Acara tersebit turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Poniso Suryo Renggono, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Timur (Kaltim) Sunarto, Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Yuli, Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutim Ronny Bonar Hamonangan Siburian, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kutim Siti Robiah Ardiansyah, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim Triana Nur, Camat Sangkulirang H Rahmad, Perwakilan Forkopimcam Kecamatan Kaliorang dan Tim Penggerak PKK serta tamu undangan lainnya. (ADV/DISIKOMINFO KUTIM)

Related posts

Ketua DPRD Kaltim Dukung Perda Kesenian Daerah dan Pelayanan Kepemudaan

admin

Markaca Serap Aspirasi Warga Sungai Kapih

admin

Banyak Program Kesehatan Terganjal Anggaran

admin