TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 773 kali.
BISNIS EKONOMI

Brand Lokal Pakaian Anak, Ardenleon Sukses Memanfaatkan E-Commerce

TEBARBERITA.ID – Industri fashion di Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang pesat, tidak hanya dari segi tren yang selalu berganti, tetapi juga dengan munculnya berbagai brand lokal yang semakin dicintai oleh masyarakat. Salah satu segmen yang mengalami pertumbuhan pesat adalah pakaian anak. Tren pakaian anak, termasuk busana kembar antara orang tua dan anak, serta ragam model yang nyaman dan inovatif, membuat pasar ini semakin diminati.

Menangkap peluang besar di segmen ini, Ronald Kartawinata memutuskan untuk meluncurkan brand lokal bernama Ardenleon pada tahun 2017. Ronald berbagi kisah tentang perjalanan bisnisnya.

“Saya teringat di kala itu masih minim brand lokal yang bergerak dalam segmen pakaian dalam anak, dan membuat saya ingin menghadirkan produk pakaian dalam anak yang berkualitas dan terjangkau di Indonesia. Kami yang sebelumnya menjalankan usaha rumahan dengan fokus pada jasa produk pakaian dalam untuk wanita pun memutuskan untuk mencoba menciptakan brand pakaian dalam anak, yaitu Ardenleon,” dalam keterangan tertulisnya yang diterima tebarberita.id.

Tidak berhenti pada pakaian dalam anak, Ardenleon berkembang pesat dengan menambahkan lini produk baru, seperti pakaian sehari-hari, pakaian muslim, dan koleksi berlisensi yang meliputi karakter populer seperti Pinkfong Baby Shark, Chibi Maruko-chan, Peppa Pig, hingga Marvel Avengers. Baru-baru ini, Ardenleon juga memperkenalkan koleksi pakaian batik.

Tumbuh Bersama Shopee: Dari Rintisan Hingga Ribuan Pesanan Harian

Ardenleon memulai perjalanannya dengan memanfaatkan platform e-commerce, Shopee, dan mengikuti berbagai pameran fashion bayi dan anak untuk memperkenalkan brand-nya. Ronald mengakui bahwa Shopee memiliki peran besar dalam kesuksesan Ardenleon, terutama selama masa pandemi ketika pola belanja masyarakat bergeser dari offline menjadi online. “Shopee memberikan dampak khususnya selama masa pandemi. Melihat bagaimana perilaku berbelanja masyarakat yang berubah, kami berhasil mengonversinya ke dalam omset penjualan masif di Shopee,” jelas Ronald.

Pada awalnya, pesanan harian Ardenleon hanya berkisar ratusan transaksi. Namun, melalui strategi pemasaran digital yang efektif, seperti penjualan live dan pembuatan video produk, pesanan harian terus meningkat hingga mencapai ribuan order. Pada puncaknya, Ardenleon berhasil mencetak rekor dengan 7.000 pesanan dalam satu hari selama kampanye spesial Shopee. “Pesatnya pertumbuhan ini tercermin dari peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Fitur Interaktif Shopee Live dan Shopee Video: Rahasia Sukses Penjualan

Salah satu kunci keberhasilan Ardenleon adalah pemanfaatan fitur-fitur interaktif di Shopee, seperti Shopee Live dan hopee Video. Fitur ini memungkinkan Ardenleon untuk menampilkan produknya secara langsung kepada konsumen, sehingga mereka dapat lebih memahami kualitas dan detail produk. “Fitur-fitur ini memberikan pengalaman belanja baru bagi konsumen, di mana mereka bisa melihat produk secara langsung dan lebih yakin dalam mengambil keputusan pembelian,” ujar Ronald.

Dengan aktif melakukan live streaming, Ardenleon mencatat peningkatan penjualan hingga 22 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Ronald juga menambahkan bahwa periode penjualan tertinggi terjadi selama kampanye besar Shopee seperti Payday, angka kembar, dan saat Ramadan. “Selama live streaming, kami sering melakukan demo untuk menunjukkan keunggulan produk, seperti kenyamanan dan kualitas pakaian dalam anak dan daily wear. Ini terbukti efektif dalam menarik perhatian pembeli,” jelas Ronald.

Kesuksesan Ardenleon dalam memanfaatkan platform digital, khususnya Shopee, telah membuktikan bahwa brand lokal dengan strategi pemasaran yang tepat dapat berkembang pesat di era digital ini. (*)

Related posts

Cegah Stunting, Anggota Komisi IX DPR RI Bagikan Asupan Gizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

admin

Pekerjakan 16 Karyawan, Warga Samarinda Wajib Coba Soto Lamongan Pak Eko

admin

Sindikasi Muda Indonesia Bahas Kebijakan Pemerintah Terkait Subsidi

admin