TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 623 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Waki Ketua DPRD Berharap Potensi PAD Balikpapan Dimaksimalkan

Budiono

Tebarberita.id, Balikpapan – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan mencatat PAD dari retribusi objek wisata mencapai Rp836 juta. Objek wisata Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan menjadi salah satu penyumbang terbesar PAD Kota Balikpapan. Hal itu terjadi saat saat libur Lebaran 2024 yang mampu mendongkrak sektor pariwisata di Kota Balikpapan.

Meski demikian, PAD Kota Balikpapan pada tahun 2023 tidak mampu mencapai target. Hali ini menjadi sorotan dari kalangan DPRD Kota Balikpapan. Di antaranya Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono yang mengaku prihatin. Menurutnya, PAD Kota Balikpapan dapat mencapai target Rp1 triliun lebih. Tetapi, dalam APBD Perubahan tahun 2023 lalu hanya berada diangka Rp850 miliar.

“Jika dimaksimalkan, saya yakin PAD Kota Balikpapan tahun 2023 bisa mencapai target yakni Rp 1 triliun lebih. Tetapi, dalam APBD Perubahan tahun 2023 capaian PAD Kota Balikpapan Balikpapan hanya berada diangka Rp850 miliar lebih saja,” kata Budiono ditemui awak media di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan baru-baru ini.

Politisi PDIP Kota Balikpapan ini melanjutkan, pemerintah sudah mencabut status pandemi Covid-19 sehingga aktivitas seluruh masyarakat kembali normal alias tidak ada lagi pembatasan. Kata dia, Pemkot Balikpapan pada tahun 2024 menargetkan perolehan PAD Kota Balikpapan sebesar Rp1,1 triliun. Pemkot Balikpapan melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah dan Pajak Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan harus meningkatkan kinerjanya untuk PAD Kota Balikpapan.

“Pemkot Balikpapan pada tahun 2024 ini menargetkan perolehan PAD Kota Balikpapan sebesar Rp1,1 triliun lebih dari total APBD Kota Balikpapan sebesar Rp4,1 triliun,” sebut Budiono.

Untuk itu, ia mendorong Pemkot Balikpapan melalui instansi terkait untuk segera melakukan pembenahan dan memaksimalkan potensi PAD yang ada Kota Balikpapan. Ia mengingatkan, sumber PAD tidak hanya tempat hiburan malam (THM) dan restoran, namun, objek wisata yang ada di Balikpapan juga bisa dimaksimalkan agar pajak daerah melalui sektor pariwisata tersebut dapat maksimal.

“Pemkot Balikpapan juga bisa mendorong Dinas Pemuda Olahraga dan Periwisata (Disporapar) Kota Balikpapan untuk bisa memaksimalkan potensi pariwisata di Balikpapan agar pendapatan pajak daerah dari sektor tersebut bisa dicapai,” harap Budiono.

Seperti potensi PAD dari sektor pariwisata tidak hanya dari retribusi pengunjung di Pantai Segara Sari Manggar Jalan Mulawarman, Kecamatan Balikpapan Timur, tapi juga dari objek wisata yang ada di Balikpapan lainnya.

“Momentum Lebaran kemarin di Pantai Manggar juga jadi bukti jika potensi PAD dari sektor tersebut jika dimaksimalkan bisa membantu alias meningkatkan pendapatan daerah Kota Balikpapan,” tukas Budiono.

Related posts

Pintu Air dan Pompa Harus Maksimal

admin

Semarak Harhubnas, Bupati Lepas Peserta Off Road Kukar Overland 2023 

admin

Datangi Lima Desa, Ketua DPRD Kukar Monitoring Pilkades Serentak

admin