Tebarberita.id, Tenggarong – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutai Kartanegara meluncurkan aplikasi terbaru bernama Siaga 24. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan pengaduan terkait layanan serta tugas Satpol PP secara daring selama 24 jam penuh.
Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kukar, Janhariansyah, menjelaskan bahwa peluncuran aplikasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memperkuat birokrasi yang profesional dan melayani.
“Aplikasi ini memungkinkan setiap pengaduan masyarakat diterima oleh admin, kemudian diproses sesuai dengan jenis permasalahan yang dilaporkan,” ungkap Janhariansyah, pada Sabtu (16/11/2024).
Ia juga menegaskan bahwa Satpol PP Kukar siap berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menindaklanjuti laporan yang berada di luar lingkup kewenangan mereka. “Jika laporan itu berada dalam tugas kami, petugas langsung kami instruksikan untuk menanganinya,” tambahnya.
Aplikasi Siaga 24 dinilai sangat efektif, terutama dalam menangani laporan terkait pohon tumbang, penertiban anak jalanan, hingga kejadian tak terduga akibat bencana alam.
“Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat merasa puas. Inovasi seperti ini akan terus kami kembangkan untuk mendukung pelayanan yang lebih responsif,” jelas Janhariansyah.
Dengan hadirnya Siaga 24, Satpol PP Kukar berharap dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, sekaligus menjadi langkah maju dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib di Kukar. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)