TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 776 kali.
ADVERTORIAL DPRD KALIMANTAN TIMUR

Sosialisasi Wasbang di Karang Rejo, Bagus Ajak Warga Balikpapan Tingkatkan Skill Agar Mampu Bersaing

Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo saat Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, di Jalan Sulawesi, Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah, pada Minggu (30/10/2022).

Tebarberita.id, Balikpapan – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kaltim, Ir H Bagus Susetyo, MM melakukan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Jalan Sulawesi,  Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah, pada Minggu (30/10/2022). Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD Dapil Balikpapan ini didampingi narasumber anggota DPRD Balikpapan Aminuddin, Kasi Trantip dan Lingkungan Hidup (LH) Kelurahan Karang Rejo Arief Fadliansyah, Bhabinkamtibmas Karang Rejo Erham dengan moderator Pujangga Assari.

Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo menjelaskan, Wawasan Kebangsaan ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, terutama 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhineka Tunggal Ika. “Jadi sosialisasi empat pilar kebangsaan ini untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” kata Bagus Susetyo.

Selain itu, menurut Bagus, wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dengan beragam suku, agama dan golongan agar hidup rukun.

Pada kesempatan tersebut Bagus Susetyo juga menyampaikan beberapa program pemerintah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat diantaranya Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan UMKM, hingga bantuan bagi kelompok wanita tani.

“Setiap tahun Pemprov Kaltim mengalokasikan dana kurang lebih Rp150 miliar untuk beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa. Pemerintah juga membantu UMKM serta pelatihan tenaga kerja melalui Balai Latihan Kerja (BLK) supaya mudah diterima di perusahaan. Apalagi untuk pembangunan IKN di Kaltim anak-anak muda Balikpapan harus mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar. Artinya kita harus punya nilai jual berupa skill supaya bisa bersaing,” ujar Bagus.

Sementara itu, anggota DPRD Balikpapan Aminuddin selaku narasumber menjelaskan wawasan kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika. “Wawasan kebangsaan adalah konsep politik Bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai kesatuan wilayah, meliputi tanah air, termasuk dasar laut, tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan hukum,” kata Aminuddin.

Sedangkan tujuan dari sosialisasi wawasan kebangsaan kata Aminuddin yaitu sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan bermasyarakat yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.

“Selain itu, mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan Tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan guna meniadakan setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara kesatuan wilayah nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” ujar Sekretaris DPC Gerindra Kota Balikpapan ini.

Ia berharap kedepan nilai-nilai dalam Pancasila harus tetap dipertahankan sehingga tidak sekadar dihafal tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti toleransi dan kebersamaan antar warga yang hidup bergotong-royong.

Disela-sela sosialisasi anggota DPRD Blaikpapan Aminuddin mencoba kemampuan para peserta sosialisasi untuk menghafal sila-sila dalam Pancasila. Bagi peserta yang bisa menghafal dengan benar diberikan hadiah berupa uang. Diakhir sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab singkat terkait Wawasan Kebangsaan. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas oleh Ir H Bagus Susetyo, MM bersama narasumber anggota DPRD Balikpapan Aminuddin. (Adv)

Related posts

Berbagai Aspirasi Ditampung, Syukri Dukung Penerapan Perda Tenaga Lokal

admin

DPRD Balikpapan Siap Perjuangkan Keluhan Nelayan

admin

Mudahkan Layanan ke Masyarakat, Disdukcapil Kutim Sosialisasikan SP Adminduk

admin