TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 870 kali.
BERITA UTAMA DPRD BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR

Refleksi Akhir Tahun, Kanim Balikpapan Ungkap Capaian 2021

Tebar.co, Balikpapan- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 TPI Balikpapan menggelar pertemuan bersama sejumlah awak media cetak dan elektronik bertajuk “Bersama Insan Pers Wujudkan Kehumasan Imigrasi Balikpapan Semakin Pasti”
di Jalan Jenderal Sudirman Kota Baikpapan, Senin, (27/12/2021) pagi.

Dalam kegiatan Media Gathering Refleksi Akhir Tahun 2021 itu, Kanim Balikpapan memaparkan capaian kinerjanya sepanjang 2021 ini terutama terkait dengan layanan keimigrasian Kanim Balikpapan. Tercatat Kanim Baikpapan telah menerbitkan Paspor Republik Indonesia sebanyak 2.434 dengan rincian 1.708 paspor biasa 48 halaman dan 726 e-paspor 48 halaman.

Selain itu, perlintasan pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Udara Bandara SAMS Sepinggan, kedatangan dari luar negeri tercatat 1.405 orang dengan rincian awak pesawat WNI 1.220 orang. Awak pesawat WNA 35 orang, penumpang WNI 5 orang dan penumpang WNA 145 orang. Kedatangan ke luar negeri tercatat 1.471 orang dengan rincian awak pesawat WNI 1.419 orang, awak pesawat WNA 47 orang fan penumpang WNA 145 orang.

Jumlah tersebut dipengaruhi pandemi Covid-19. Namun, Kanim Balikpapan tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui program easy passport dan inovasi layanan dengan mengangkat kearifan lokal khas Balikpapan.

Kepala Kanim Balikpapan, Rakha Sukma Purnama melalui Kepala seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Adrian Soetrisno mengatakan, dalam memasyarakatkan program Kanim, selama ini pihaknya menggunakan media sosial.

“Mendekatkan diri terhadap masyarakat melalui sosial media, sehingga informasi cepat didapatkan masyarakat,” ucap Adrian.

Menurut Adrian, 2021 merupakan tahun prestasi bagi Kantor Imigrasi Balikpapan. Sebab, sejak awal tahun lalu Kanim Balikpapan berhasil menorehkan prestasi membanggakan, salah satunya penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM dalam hal pelayanan publik berbasis HAM.

“Semoga segala pencapaian pada tahun 2021 ini tidak membuat jajaran Kanim Balikpapan berpuas diri. Layanan harus terus ditingkatkan, inovasi pun terus dikembangkan untuk mempermudah layanan dengan harapan kualitas pelayanan semakin prima demi mewujudkan
WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) pada tahun 2022 mendatang,” ungkap Adrian Soetrisno memungkasi. (Us)

Related posts

UU IKN Akan Direvisi, Pulau Balang Dikeluarkan dari Wilayah IKN

admin

Diduga Ujaran Kebencian, LBH Ansor di Kaltim Laporkan Faizal Assegaf

admin

Ketua DPRD Balikpapan Raih Penghargaan Ke-4 Nirwasita Tantra

admin