TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 688 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Komisi IV Dorong Pemkot Turunkan Angka Miskin Ekstrem di Samarinda

Deni Hakim Anwar

Tebarberita.id, Samarinda – Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda Deni Hakim Anwar meminta pemkot kian intens menekan jumlah warga miskin ekstrem di Kota Tepian. Diketahui, per Juni 2023, jumlah keluarga miskin ekstrem di Samarinda memang mengalami penurunan, dari 9.032 keluarga menjadi 6.900 keluarga.

“Berbagai program yang terukur, sistematis, dan komprehensif sudah ditempuh pemkot. Namun hal itu perlu digenjot lagi lebih maksimal di sisa jabatan kepala daerah yang berakhir tahun ini,” ungkapnya, Senin (26/2/2024).

Sembari memaksimalkan berbagai upaya yang ditempuh, Politikus Gerindra ini juga meminta pemkot lewat dinas terkait, seperti Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat untuk memvalidasi pendataan masyarakat miskin ekstrem itu. Alasannya, sambung Deni, lewat data tersebut pemerintah bisa ditelusuri apa saja langkah yang diperlukan untuk mereduksi angka miskin ekstrem di Samarinda. “Serta bisa juga mengukur efektifitas upaya yang diambil,” lanjutnya.

Di lain sisi, pemugaran data itu juga bisa memastikan keluarga miskin ekstrem itu benar-benar sesuai indikator yang ditetapkan pemerintah pusat. Meski telah mengalami penurunan, data awal masyarakat miskin ekstrem di Samarinda sebanyak 9.032 keluarga nyatanya menjadi catatan merah bagi pusat. “Makanya perlu diteliti lagi, apakah benar keluarga yang sudah terdata itu sesuai kriteria yang ditetapkan pusat,” tuturnya.

Deni berharap pemkot bisa benar-benar hadir untuk warga miskin itu untuk mendongkrak kesejahteraan mereka. Karena dengan begitu berbagai kebijakan pembangunan yang cukup masif dikebut bisa sejalan dengan pembangunan sumber daya masyarakat di Samarinda. (ADV/LL)

Related posts

Desa Loa Duri Ulu Siap Kembangkan Wisata Alam

admin

Desa Liang Ulu Wakili Kukar dalam Workshop Replikasi P3PD

admin

Ketua DPRD Kukar: Balap Ketinting Sarana Olahraga untuk Menjaga Karifan Lokal

admin