TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 665 kali.
BERITA UTAMA EKONOMI NASIONAL

Investasi Bisnis Karbon di Asia Tembus Rp18,4 Triliun

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok. Kemenko Marves)

Tebarberita.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan kontribusi investasi Asia pada bisnis minyak dan gas bumi (migas) ‘baru’ mencapai US$ 1,2 miliar atau mencapai Rp18,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.352 per US$).

Bisnis migas baru yang dimaksud adalah teknologi Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) untuk mengurangi emisi karbon di berbagai sektor industri termasuk diantaranya sektor migas.

“Investasi global baru-baru ini di CCS telah mencapai sekitar US$ 6,4 miliar, dengan Asia memberikan kontribusi sebesar US$ 1,2 miliar,” jelas Luhut dalam acara International dan Indonesia CCS (IICCS) Forum, di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Dengan investasi tersebut, Luhut mengatakan bahwa Indonesia nantinya akan memiliki peran utama dalam investasi teknologi CCS/CCUS di Asia.

“Indonesia seharusnya menjadi bagian utama dari investasi teknologi,” tambahnya.

Selain itu, dukungan pemerintah dalam pengembangan CCS ditunjukkan oleh penyusunan rancangan Peraturan Presiden tentang CCS untuk memperluas implementasi CCS termasuk CCS Hub, CCS lintas batas, CO2 dari industri, dan pemanfaatannya di wilayah kerja non-migas.

Di lain sisi, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi RI Kemenko Marves, Jodi Mahardi mengatakan pemerintah memberikan dukungan bagi pengembangan CCS dalam mencapai masa depan yang lebih bersih dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dia menyebutkan Kemenko Marves terus menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan, kementerian lembaga terkait, dan pemerintah daerah untuk dalam pengembangan CCS di Indonesia.

“Serta kami mengajak para pemangku kepentingan untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan ini dan bersama-sama mewujudkan visi kita untuk dunia yang lebih baik,” terangnya dalam keterangan tertulis. (*)

Sumber: CNBCIndonesia

Related posts

Final Liga Champions, Template Pahit AC Milan Menghantui Manchester City

admin

Wagub Emil ke Balikpapan, Napak Tilas Perjuangan Sang Kakek

admin

Pegawai di IKN Akan Miliki Rumah Secara Kredit Khusus ASN

admin