TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 706 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Ekspos Dokumen RAD, Pemkab Kutim Komitmen dalam Pembangunan Berkelanjutan

Tebarberita.id, Samarinda – Saat membuka kegiatan Ekspos Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) gelaran Bappeda Kutim bekerja sama dengan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/ Bappenas) RI, Wabup Kutim Kasmidi Bulang menekankan pentingnya menyusun dokumen yang berisi rencana strategis, yaitu RAD.

“Nah, RAD ini bertujuan untuk memastikan bahwa keputusan dan tindakan di tingkat daerah dapat berkontribusi pada keberlanjutan secara keseluruhan dengan arah dan prioritas yang terukur,” tegasnya di Meeting Room Hotel Harris, Jumat (21/7/2023) kemarin.

Selanjutnya, sebagai komitmen Pemkab Kutim akan terus berperan aktif dalam mencapai cita-cita dan tujuan pembangunan daerah.

“Untuk itu, RAD akan menjadi panduan bagi kami dalam melaksanakan pemenuhan target-target pembangunan berkelanjutan. Karena RAD ini merupakan dokumen strategis yang akan disusun setiap lima tahun oleh pemerintah daerah atau wilayah, dengan tujuan untuk mencapai target dan tujuan pembangunan berkelanjutan secara lokal,” tegasnya.

Senada, Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda Kutim Ripto Widargo menegaskan bahwa penyampaian hasil penyusunan dokumen RAD dilakukan oleh Bappeda Kutim sebagai fasilitator OPD untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Jadi rencana kegiatan, target, dan indikator capaian yang membentuk RAD akan disampaikan dan disepakati selanjutnya,” singkatnya.

Untuk diketahui, dari ekspos RAD ini ditujukan mengatasi tantangan global seperti kemiskinan, kelaparan, perubahan iklim, kesenjangan sosial dan masalah lingkungan lainnya serta memastikan bahwa tidak ada negara atau kelompok yang tertinggal dalam proses pembangunan. Maka tujuan pembangunan berkelanjutan merupakan salah satu upaya global untuk mencapai pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindungan lingkungan yang berkelanjutan. Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Sekretaris Bappeda Kutim Idham Cholid, Pimpinan USAID SEGAR Darmawan Listanto, Tim Ahli SDGs Center Unmul, mitra strategis, unsur swasta dan organisasi terkait. (ADV/DISKOMINFO KUTIM)

Related posts

Pemkab Kukar Berencana Menambah Jembatan ke Pulau Kumala

admin

Desa Muara Enggelam Mulai Bangun Tower Penguat Jaringan Telekomunikasi

admin

Implementasikan Kurikulum Merdeka, SDN 001 Sangatta Utara Geber Panen Karya P5

admin