TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 658 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Dukung Pengembangan Pertanian Samarinda, Subandi: Potensi Ada Tapi Minim Perhatian

Subandi

Tebarberita.id, Samarinda – Ketahanan pangan di Samarinda dinilai wakil rakyat masih minim diperhatikan, khususnya sektor pertanian. Padahal, di segmen ini Samarinda memiliki potensi besar untuk terus ditingkatkan. Hal itu dilontarkan wakil ketua DPRD Samarinda Subandi.

Dalam kacamatanya, sokongan pemerintah pusat dan upaya dari pemkot yang tak maksimal membuat sektor pertanian di Samarinda layu. “Peluangnya besar menurut saya, pertanian kita bisa berkembang. Lahan ada, petani juga masih banyak. Tinggal dikembangkan saja lagi,” ujar Subandi.

Saat ini kebutuhan pasokan pangan di Samarinda masih ditunjang dari suplai beberapa kabupaten/kota di Pulau Jawa atau Sulawesi. Padahal, bukan tak mungkin, lanjut dia, Samarinda bisa memiliki ketahanan pangan yang baik tanpa bergantung daerah lain. “Tinggal bagaimana keseriusan dari pemerintah dan pengelolaan yang tepat. Perlahan kebutuhan pangan warga bisa dipenuhi sendiri,” katanya.

Karena itu, dia berencana mengawal agar ada upaya penambahan pos anggaran di sektor pertanian Samarinda dalam pembahasan APBD ke depannya. Hal ini bisa menjadi peran penting dan keterlibatan pemerintah dalam meendukung peningkatan sektor pertanian. Alokasi anggaran itu pun tak melulu soal bantuan bibit atau pupuk yang selama ini berjalan.

Ada pula peningkatan kapasitas petani di Samarinda dan daya dukung irigasi. “Paling tidak pos anggaran terhadap sektor pertanian bisa ditambah. Sokongan di lapangan juga harus dipastikan berjalan benar,” singkat Politikus PKS ini. (ADV/LL)

Related posts

Kamrur Zaman Hadiri Pembukaan Festival Erau Adat Benua Tuha

admin

Tingkatkan KLL, BKKBN Kaltim dan PPKB Kutim Koordinasi Gelar Orientasi

admin

DPRD Atur Penginapan dan Hotel Melati Melalui Perda

admin