TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 710 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Dukung Pelayanan Informasi, Pemkab Kutim Gelar Bimtek PPID

Tebarberita.id, Samarinda – Dalam arahan di Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Akses Keterbukaan Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Kutai Timur gelaran Diskominfo Staper Kutim di Ballroom Hotel Mercure, Selasa (7/6/2023), Wabup Kutim Kasmidi Bulang meminta kepada seluruh peserta PPID di lingkungan OPD hingga pemerintahan kecamatan dan desa bisa dipertahankan untuk diikutkan di kegiatan selanjutnya.

“Jika perangkat daerah memerlukan dukungan dalam bentuk apapun silakan sampaikan secara berjenjang. Dukungan pasti kami (Pemkab Kutim) berikan apalagi melihat kemampuan APBD kita yang sangat besar. Tentu saja program-program strategis dan bersentuhan langsung dengan masyarakat akan mendapat perhatian dan porsi yang lebih supaya nanti kerja kita bisa maksimal,” tegasnya.

Selanjutnya, Kasmidi menegaskan asal selama itu tidak melanggar aturan dalam melakukan pekerjaan dan harus sesuai Undang-undang (UU) yang berlaku.

“Apalagi saudara yang memberikan informasi berkaitan dengan Kutim baik itu prestasi maupun kegiatan yang sedang berjalan itu disampaikan. Ini muaranya pada Kutim. Kita bangga bisa memberikan Informasi yang terbaik,” tambahnya.

Harapan Kasmidi, kepada bapak ibu peserta Bimtek PPID tidak hanya sekadar hadir, duduk dan pulang.

“Tapi bagaimana harus ada tindak lanjut setelah kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, setiap badan publik menunjuk PPID guna mengembangkan sistem pelayanan informasi.

“Jadi sesuai dengan standar layanan informasi publik yang berlaku secara nasional,” kata narasumber dari Sub Bidang Layanan Informasi Data dan Dokumentasi Bidang Fasilitas Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kemendagri RI Andi Ernawati saat menyampaikan materi.

Kemudian, untuk ruang lingkup pelayanan informasi publik meliputi permohonan informasi dan penyediaan informasi.

“Kita harus punya ruang layanan publik. Mudah-mudahan PPID nantinya dapat memperbaharui data,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Diskominfo Staper Kutim Ery Mulyadi berharap Bimtek PPID dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Harapannya pelaksanaan Bimtek PPID ini dapat meningkatkan kapasitas pemahaman. Ujungnya dapat meningkatkan pelayanan,” singkatnya. (ADV/DISKOMINFO KUTIM)

Related posts

DPRD Kukar Bahas Raperda APBD Tahun Anggaran 2023

admin

Ketua DPRD Sosialisasikan Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

admin

Ketua DPRD Balikpapan Gelar Halalbihalal

admin