TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 693 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Bakal Didaftarkan ke HKI, Kreativitas Siswa Kelas VII SMPN 3 Sangatta Utara Hasilkan Batik “Keluung”

Tebarberita.id, Sangatta – Membanggakan, kalimat itu cocok disematkan kepada siswa kelas VII asal SMP Negeri 3 Sangatta Utara, karena telah menelurkan kreativitas berupa desain motif batik yang diberi nama “Keluung” atau dalam bahasa indonesia berarti berkumpul.

Kepala sekolah SMP N 3 Sangatta Utara, Daud Boro Patoding menjelaskan, desain batik yang diluncurkan pada Minggu (11/6/2023) lalu, dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Dispar Kutim) Nurullah dan Sekretaris Dispar Kutim Tirah Satriani, merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka.

“Desain batik ini bagian dari tema yang terdapat dalam Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yakni tentang kearifan local. Salah satunya mengangkat kebudayaan masyarakat Kutai dan Dayak yang kita tuangkan dalam desain pakaian,” terangnya.

Lebih lanjut Daud (sapaan akrab), bahwa desain batik tersebut akan disempurnakan bentuk dan motifnya, tanpa menghilangkan keasliannya. Juga akan didaftarkan Dispar Kutim ke lembaga Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai salah satu aset, yang akan dimiliki oleh sekolah yang beralamat di Jalan APT Pranoto Kecamatan Sangatta Utara tersebut.

“Jadi desain batik tersebut merupakan bagian pembelajaran yang dilakukan oleh seluruh siswa di kelas VII dan kita pamerkan dalam ajang Fashion Show,” tuturnya.

Daud mengaku bersyukur sekaligus bangga, sebab karya desain batik hasil kreativitas para siswanya mendapatkan apresiasi dan perhatian dari pemerintah daerah. (ADV/DISKOMINFO KUTIM)

Related posts

Sigit Wibowo Kunjungi Rumah Singgah Kanker Anak

admin

Pemdes Bendang Raya Manfaatkan Lubang Eks Tambang untuk Program Pamsimas

admin

Camat Anggana Harapkan Semangat Baru Karang Taruna

admin