TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 657 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Apresiasi Seni Budaya Kukar 2023 Akan Berlangsung di 20 Kecamatan


Tebarberita.id, Tenggarong – Persiapan pagelaran Apresiasi Seni Budaya Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) lakukan rapat di ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Selasa (7/11/2023).

Rapat tersebut dipandu oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, H. Puji Utomo, didampingi Sub Koordinator Pembinaan Sejarah Lokal dan Pelestarian Budaya Daerah M. Agus Syarifudin, dan Event Organizer (EO). Serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar.

Kepala Disdikbud Kukar, Afrilian Noor Thauhid, melalui Sub Koordinator Pembinaan Sejarah Lokal dan Pelestarian Budaya Daerah, Agus Syarifudin mengatakan, pagelaran ini nantinya akan digelar di 20 Kecamatan yang berada di wilayah Kukar, dengan upaya melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan kesenian daerah lokal.

Dia juga mengatakan, akan memberikan ruang bagi kelompok seni dan budaya kecamatan dalam mengekspresikan seni dan budayanya, Meningkatkan kepedulian masyarakat kecamatan dalam melestarikan seni budaya dan tradisi lokal setempat.

Kemudian, dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat di kecamatan khususnya pelaku UKM yang akan memanfaatkan bazar di acara tersebut.

“Kegiatan kesenian ini masih melihat jadwal, dikarenakan, ada beberapa kecamatan saat ini masih mengadakan berbagai kegiatan, maka dari itu kami akan mencari hari yang pas untuk laksanakan kegiatan ini,” ucap Agus Syarifudin pada beberapa hari lalu.

Selain itu, Agus juga menjelaskan, untuk pelaksananya dari EO Fajri Toys telah membagi 4 grup, sesuai apa yang sudah dibagi yaitu, Grup 1 ada di kecamatan, Muara Wis, Tabang, Kenohan, dan Samboja Barat. Grup 2 di Muara Muntai, Kembang Janggut, Muara Kaman, Sebulu, dan Muara Jawa. Grup 3 di Kota bangun Darat, Kota Bangun, Tenggarong seberang, Sangasanga, dan samboja. Grup 4 ada di Tenggarong, Loa Kulu, dan Loa Janan.

“Jadi 20 kecamatan itu penganggarannya ada 4 kecamatan, yaitu Tenggarong, Sebulu, Kota Bangun, dan Tenggarong Seberang yang kita beri anggaran besar. Dan untuk kecamatan yang lain sama semua anggaranya. Keempat kecamatan ini diberi anggaran besar karena posisi jumlah penduduk yang banyak serta berada di tengah kota anggaranya sekitar Rp200 juta.” jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan selama tiga hari disetiap kecamatan pada bulan November-Desember 2023. Yang akan menampilkan Telen-telen lokal, Bazar, UMKM, dan penampilan Band-band lokal di bawah koordinator EO Fajri Toys Kukar. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Pemenang Lomba Sanga Belida Bakal ke Tingkat Provinsi

admin

Disperindagkop Kaltim Diminta Razia Pedagang Nakal Jelang Hari Besar

admin

KB Gratis Targetkan 2.250 Akseptor, Kutim Wakili Kaltim

admin