TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 696 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Anggota DPRD Balikpapan Sebut Puskesmas Perlu Ditambah

Slamet Iman Santoso

Tebarberita.id, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan didesak segera menambah fasiltas kesehatan berupa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Terutama puskesmas untuk warga Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara.

Angota DPRD Balikpapan, Slamet Imam Santoso mengatakan, dengan pertambahan penduduk yang cepat, di kota Balikpapan khususnya masyarakat Gunung Samarinda dan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara saat ini hanya dilayani satu puskesmas.

“Jadi kondisinya di sana, satu Puskemas melayani dua Kelurahan, yaitu Kelurahan gunung Samarinda dan kelurahan Gunung Samarinda Baru,” kata Slamet Imam Santoso kepada awak media, Senin (3/7/2023).

Slamet melanjutkan, kekurangan puskesmas tersebut harus ditindaklanjuti dengan perencanaan pembangunan puskesmas. Hal itu, kata dia, merupakan keluhan warga yang ingin puskesmas di wilayah itu ditambah.

“Jadi banyak masalah yang disampaikan agar kiranya ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Di antaranya berkaitan dengan pengadaan puskesmas yang ada di Gunung Samarinda,” katanya lagi.

Lebih lanjut, usulan juga sudah disampaikan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan masyarakat. Alasan mereka, bahwa di kawasan itu terdapat lahan milik pemerintah yang dapat difungsikan untuk bangunan puskesmas.

“Jadi ada lahan aset pemerintah yang ada di perbatasan perumahan Praja Bakti dan Perumahan Wika itu bisa dialokasikan untuk pembangunan Puskesmas. Karena ini memang sudah lama diusulkan akan tetapi belum realisasinya,” jelas Slamet.

Slamet menyebutkan, pembangunan puskesmas sedikitnya memerlukan lahan 800 meter persegi sampai dengan 1 hektare.

“Jadi untuk ukuran puskesmas yang lebih luas, puskesmas bisa memiliki fasilitas lain seperti ruang Unit Gawat Darurat (UGD), ruang ramah anak, dan lansia, ruang menyusui, ruang bermain anak serta lahan parkir,” katanya memungkasi. (Adv/DPRD Balikpapan)

Related posts

Pansus: 22 Pengembang Siap Serahkan PSU ke Pemkot

admin

Joni Sinatra Ginting Berharap Kerja Pemerintah Terus Sinergis

admin

70 Persen Jalan di Kaltim Jadi Kewenangan Pusat

admin